Gambar_Langit Gambar_Langit

Danramil Rowosari: Bekali Metal Linmas Di Gunung Tidar

waktu baca 2 menit
Sabtu, 13 Mar 2021 22:43 0 118 Admin Pelita

Kendal, Pelita Sumsel – Pemerintah Desa Parakan Kecamatan Rowosari Laksanakan Diklat Pelatihan Baris Berbaris (PBB) serta Bela Negara kepada 30 anggota perlindungan masyarakat (linmas). Pelaksanaan kegiatan untuk Keamanan desa lebih baik dan kondusif dilakukan di Gunung Tidar Magelang, Sabtu (13/3).

Kegiatan ini tetap patuhi protokol kesehatan, dihadiri Camat Rowosari Saefudin SSos, Danramil Cahyo Suyatno, Polsek Rowosari AKP Zaenal Arifin SH. Kastpol PP Kecamatan Rowosari beserta Perangkat Desa Parakan.

Kepala Desa Parakan H Dul said S.ag mengatakan, “Diksar linmas desa/kelurahan Parakan itu bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada seluruh anggota linmas agar memahami tugas pokok sebagai linmas.

Menurutnya, seluruh anggota linmas akan dilibatkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Desa Parakan.

“Mengapa dilakukan di Gunung Tidar, Agar Anggota Linmas Kuat mental secara Jasmani dan Rohani,memupuk kecintaan Pada Bangsa dan negara lebih kuat,guna menjaga keamanan dan ketertiban di desa Kami,Disela diklat kami sempatkan pula berdoa Tawassul dengan Ziarah kepada para leluhur agar Indonesia dijauhkan dari segala musibah,” harapnya.

Selain Itu, Danramil Koramil Rowosari,Cahyo suyatno kegiatan Rutin pembinaan pelatih baris berbaris (PBB) kepada Linmas Desa Parakan Kec. Rowosari. diantaranya meliputi giat baris berbaris, wawasan kebangsaan, tata pemerintahan desa.

Guna kesiapan Linmas dalam menghadapi tantangan tugas kedepan yang semakin kompleks,imbuh Cahyo

“Giat ini juga merupakan penyiapan komponen cadangan dalam menghadapi perkembangan global, yang menuntut kesiapan seluruh warga negara indonesia dalam mempertahankan kedaulatan NKRI,” kata dia.

Senada dengan Kapolsek Rowosari AKP Zaenal Arifin SH,Peran Linmas di tingkat Desa sangat diperlukan guna jaga kamtibmas.

“Dengan Pendidikan dasar Wawasan Kebangsaan dan Baris Berbaris memupuk kecintaan kita kepada bangsa dan negara yang kita cinta,Bahwa menjaga Kamtimbas adalah peran kita bersama,” ujarnya.

Selain itu, Antisipasi terjadinya anarkis sudah bisa menguasai dalam pelatihan dasar linmas untuk membekali teknik-teknik dasar kemampuan baik secara fisik maupun pengetahuan materi.

Zaenal berharap melalui pelatihan tersebut, para anggota linmas bisa membantu TNI dan Polri dalam pencegahan terjadinya anarkis di tingkat Desa. (AW/rls)

LAINNYA