Gambar_Langit Gambar_Langit

Bantu UMKM Terdampak Covid-19, Pusri Launching Rumah Kreatif

waktu baca 3 menit
Kamis, 17 Des 2020 13:49 0 153 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Pandemi Covid-19 mengganggu berbagai aktivitas masyarakat dan ekonomi. Ratusan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Sumatera Selatan (Sumsel) juga terdampak.

Menghadapi situasi itu, PT Pusri Palembang berupaya untuk memberikan solusi kepada pelaku UMKM binaan PT Pusri Palembang. melalui Rumah Kreatif Pusri. Demikian dikatakan Pengelola Rumah BUMN Sumsel Achmad Ronaldi, Kamis (17/12).

“Kami sudah lama punya inisiasi untuk membuat Rumah Kreatif Pusri sebagai wadah kolaborasi UMKM mitra binaan PT Pusri Palembang,” katanya.

Menurutnya, ini sebagai bentuk komitmen PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang melalui tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR).

“Di situasi pandemi Covid ini, omzet UMKM menurun untuk itu PT Pusri palembang membantu memberikan solusi dengan menyediakan wadah bagi pelaku UMKM untuk berjualan onlne maupun offline. Total di Indonesia ada sekitar 6 ribu UMKM binaan PT Pusri, sementara di Sumsel ada 500 UMKM,” jelasnya.

Achmad Ronaldi  menambahkan ada sekitar 22 UMKM binaan PT Pusri Rumah Kreatif Pusri, mulai dari kerajinan Palembang, souvenir, maupun UMKM yang bergerak di bidang food and beverage  (F&B). Bahkan Kamis (05/11) Rumah Kreatif Pusri ini mendapat apresiasi dari Staf III Menteri BUMN RI, Arya Sinulingga Staf III saat melakukan kunjungan.

Pada kunjungan tersebut juga didampingi Dewan Komisaris Pusri, Najib Mathjan serta Direktur Keuangan dan Umum, Saifullah Lasindrang.

“Wah sangat menarik ini. Dari rumah kreatif yang pernah dikunjungi, Rumah Kreatif Pusri ini sangat laik untuk dipublish dan sangat siap jadi Rumah BUMN Sumsel,” kata Arya.

Dirinya juga berharap Rumah Kreatif ini tidak hanya bisa dimanfaatkan UMKM binaan PT Pusri Palembang. Hal senada juga disampaikan Reza Hendrawan yang juga pengelola Rumah BUMN Sumsel.

“Rumah Kreatif Pusri diganti dengan Rumah BUMN Sumsel Created By PT Pusri Palembang. Seluruh UMKM punya BUMN Sumsel bisa masuk di sini,” ujarnya.

Rumah Kreatif Pusri berlokasi di Sekojo Palembang (dekat Kantor Pos Sekojo) dibuka 2 sessi.

“Kami sengaja memilih lokasi di sini untuk memudahkan masyarakat umum untuk ke sana. Untuk operasional, Rumah Kreatif Pusri ini dibuka 2 session. Session pertama jam 09.00-16.30 wib untuk pelaku UMKM, ada gallery juga baik di dalam gedung maupun di luar (outdoor), yang outdoor mereka memanfaatkan halaman di lokasi ini,” tutur Reza.

Sementara untuk sessi 2, dibuka dari jam 19.00 sampai 23.00 Wib. “Bagi masyarakat yang ingin mencicipi kopi dari UMKM Binaan PT Pusri bisa ke sini. Binaan untuk UMKM ini dari petani sampai distribusinya”, kata Reza dengan penuh semangat.

Pihaknya menargetkan, melalui Rumah Kreatif Pusri ini dapat meningkatkan profit UMKM menuju pemberdayaan masyarakat Sumsel yang lebih mandiri. “Tidak hanya Sumsel, tapi se-Indonesia, kalau bisa kedepan ini bisa jadi Sentar Bisnis Usaha (SBHU),” katanya.

Pengelola Rumah BUMN Sumsel juga akan mengundang Gubernur Sumsel dan Walikota Palembang pekan depan, sekaligus melaunching Rumah Kreatif Pusri pada 24 Desember 2020, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) PT Pusri ke-61.

“Rencananya, pengelola Rumah BUMN Sumsel akan mengundang Bapak Gubernur Sumsel, H Herman Deru dan Bapak Walikota Palembang, Harnojoyo untuk hadir saat launching nanti,” pungkasnya.

Laporan : Firwanto M Isa

 

LAINNYA