Gambar_Langit Gambar_Langit

Alpian Maskoni tandatangani Napak Tilas Sejarah dan Budaya

waktu baca 2 menit
Jumat, 27 Nov 2020 21:00 0 100 Redaktur Romadon

 

Pagaralam, Pelita Sumsel – Wali Kota Pagaralam Alpian Maskoni menandatangani prasasti napak tilas sejarah dan budaya dan monumen perjuangan markas perjuangan zaman penjajahan di Dusun Gunung Agung Pauh Kecamatan Dempo Utara.

Jum’at, (27/11/2020) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan Pecinta Budaya Megalit margedipe serta lembaga adat setempat bekerjasama dalam mengadakan kegiatan ini. Kegiatan ini bertema “Dengan Napak Tilas Sejarah dan Budaya, Kita Lestarikan Budaya dan Peradaban Besemah Kota Pagar Alam”

Wali kota dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan dapat membangun, menggali, melestarikan, dan memanfaatkan budaya dan sejarah Besemah Pagaralam dalam pembangunan, Khususnya peradaban dan kebudayaan Besemah.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengingat dan membangkitkan semangat perjuangan dan kebersamaan, gotong royong ditengah masyarakat. Hal ini harus menjadi perhatian kita bersama, sehingga semangat persatuan kepedulian gotong royong terus tumbuh dan meningkat di kota Pagaralam,” pungkasnya.

Alpian mengajak masyarakat Pagaralam baik yang hadir dalam kegiatan tersebut maupun masyarakat secara keseluruhan, agar begandengan tangan bersama sama untuk terus menggali, merawat, melestarikan dan mempertahankan seluruh aset kekayaan budaya dan peradaban Besemah di Pagaralam.

Akhir kegiatan Wali Kota menyempatkan untuk menebar benih ikan Nila di lahan warga dusun yang dijadikan untuk menanam Selada Air.

“Tujuannya ialah untuk meningkatkan ketahanan pangan di masa Pandemi Covid-19 dan menghidupkan dan memanfaatkan kehidupan sumber air, baik tebat, kolam, maupun sungai untuk ketahanan pangan dan peningkatan gizi masyarakat,” tutupnya (yoga_Art)

LAINNYA