Gambar_Langit Gambar_Langit

Masyarakat Tuntut Kades Sumber Rahayu Dicopot dari Jabatan

waktu baca 2 menit
Senin, 23 Nov 2020 23:10 0 112 Admin Pelita

Muara Enim, Pelita Sumsel – Dengan penjagaan ketat aparat Kepolisian Polres Muara Enim serta dibantu aparat TNI tersebut, aksi demo besar-besaran menuntut turun dari jabatan dari sang Kepala Desa (Kades) Desa Sumber Rahayu Kecamatan Rambang Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan pada Senin (23/11), akhirnya berlangsung tertib dan aman.

Ratusan masyarakat di Desa Sumber Rahayu Kecamatan Rambang tersebut, mendesak Kades yang bernama Mat Kanta SSos agar turun dari jabatannya dan segera dicopot karena dinilai selama ini bertindak otoriter dalam menjalankan roda pemerintahan di Desa Sumber Rahayu dan ditambah lagi kebijakan yang kerap meresahkan masarakat.

Ratusan warga Desa Sumber Rahayu, Kecamatan Rambang, Kabupaten Muara Enim saat menggelar demonstrasi menuntut agar Kepala Desa Sumber Rahayu tersebut segera di berhentikan sebagai kepala desa.

Dari pantauan Pelita Sumsel, masa  berorasi dengan berjalan kaki dan menggunakan mobil  beserta pengeras suara yang sesekali mengajak warga untuk bergabung yang dimulai dari lapangan sepak bola menuju kantor Kades Sumber Rahayu.

Sementara Koordinator aksi unjuk rasa tersebut, Ramjoni pada orasinya mengatakan ada sekitar 300 orang warga menyatukan persepsi guna menuntut agar Kepala Desa (Kades) Sumber Rahayu Mat Kanta  SSos diberhentikan dari jabatannya sebagai kepala desa. Menurutnya, masyarakat saat itu sudah menyampaikan surat kepada Plt Bupati Muara Enim beberapa waktu lalu, namun hingga kini belum ada kepastian dan kejelasan kapan akan diberhentikannya kepala desa tersebut.

“Ya, masyarakat meminta agar Plt Bupati Muara Enim Juarsah segera memproses surat permohonan masyarakat dan segera memberhentikan oknum Kades Sumber Rahayu ini,” terangnya.

Dikatakan Ramjoni, warga menuntut Mat Kanta diberhentikan secara tidak hormat karena dianggap otoriter dalam pemerintahan dan sering membuat kebijakan yang dianggap meresahkan masyarakat Desa Sumber Rahayu selama ini.

“Ya, masyarakat tidak percaya lagi kepada Mat Kanta sebagai Kades dan meminta Mat Kanta mundur dan dicopot dari jabatannya, atau diberhentikan secara tidak hormat oleh Bupati,” tegasnya pada  orasinya tersebut.

Aparat kepolisian dari Polres Muara Enim dan Polsek Rambang mengimbau serta menegaskan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan dalam berdemonstrasi dan meminta perwakilan warga untuk berkomunikasi serta menanyakan perihal tersebut kepada pihak Pemdes maupun Pemkab Muara Enim. Aksi demo akhirnya berjalan tertib dan aman. (NVJ)

LAINNYA