Gambar_Langit Gambar_Langit

KPU OKU Timur Gelar Bimtek Tungsura dan Sirekap

waktu baca 2 menit
Selasa, 17 Nov 2020 20:29 0 151 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ogan Komiring Ulu (OKU) Timur mengellar Bimbingan Teknis Pemungutan, Penghitungan, dan Rekapitulasi Hasil Pemungutan Suara Serta Penggunaan Sirekap dalam pemilihan Serentak tahun 2020  di Ruang Bina Praja II, Kantor Bupati OKU Timur, Martapura, Senin   17/11/2020)

Kegiatan yang dibuka langsung  pleh Komisoner KPU Divisi Teknis Penyelenggara Sunarto, dan dihadiri  Komisoner KPU Yuliasnyah, Sulistiani, Kasubbag Teknis Irto Sunardi, Humas KPU dan diikuti oleh 20 PPK se – OKU Timur.

Bimtek digelar untuk memberikan pengetahuan teknis seputar pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi hasil penghitungan suara serta penggunaan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi Berbasis Elektronik (Sirekap) dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020 kepada seluruh penyelenggara di tingkat PPK, PPS serta KPPS Se Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur.

Komisoner KPU OKU Timur, Sunarto menjelaskan, Sirekap atau e-Rekap menjadi dalh satu inovasi penghitungan suara yang lebih cepat dan akurat , serta memangkas waktu memangkas waktu dan tenaga di Pilkada serantak 2020.

“Pemilihan berbeda dari sebelumnya, nanti pada hari pemungutan suara akan diadakan kurangblebih 5.000 tenda utk TPS. KPU akan memberikan setiap TPS dengan katagori kuat, sedang dan lemah sebagai acuan untuk menentukan lokasi pengiriman data hasil penghitungan suara,” katanya.

Sementara, Komioner KPU OKU Timur, Divis Sosialisasi, Parmas dan SDM, Yuliansyah menambahkan, kotak suara pemilihan rentan bermasalah, harus dipastikan aman, tidak terkana hujan dan segel jangan samai rusak. Jika ada masalah segera dikoordikanan.

“Selain itu, semua penyelenggara harus wajib rapid test sebelum hari pemungutan suara, jika ada yang reaktif akan diganti. Ketua PPS harus berkoordinasi dengan Puskesmas setempat jangan smapai ada miss komunikasi,” ujarnya. (ADV)

LAINNYA