Gambar_Langit Gambar_Langit

Para Serdik KKL Bahas Konflik Sosial 

waktu baca 3 menit
Jumat, 13 Nov 2020 21:34 0 121 Admin Pelita

#Serdik Angkatan 64 Tahun 2020

Tasikmalaya, Pelita Sumsel – Para Peserta Didik (Serdik) Sekolah Pimpinan Pertama (Sepima) angkatan 64 Tahun 2020 dalam melakukan Kuliah Kerja Lapangan(KKL) di Polres Tasikmalaya Kota Jawa Barat , Diharapkan dapat menambah wawasan terhadap persmasalahan yang terjadi yang ada diwilayah Tasikmalaya terutama dalam menangani konflik sosial serta nantinya diharapkan juga setelah menjalani peserta didik dalam Kuliah Kerja Lapangan (KKL),nantinya dapat berguna bagi para peserta didik setelah berada di kewilayahan dalam pelaksanaan tugasnya.

Hal tersebut,diungkapkan oleh Kasespimma Polri BJP Drs.Heri Sulistianto,melalui Perwira Pengawas (Pawas) Sespimma Polri Kombes Pol. Jhony Iskandar ,SIK, saat memberikan arahan kepada KKL di Polres Tasikamalaya Kota kepada para Serdik Pokjar 2 Sespima Angkatan 64 Tahun 2020 dalam pembahasan Konflik Sosial guna menghadapi Pilkada yang Kondusip Pada kamis kemarin (12/11) .

Sementara dalam pembukaan KKL tersebut, dilaksanakan di Aula Endra Dharmalaksana Mapolres Jalan Letnan Harun Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya Jawa Barat .

Tampak hadir kegiatan tersebut, pihak Lemdik Sespimma KBP Drs. Dadan Wisnu Wardana., KBP Joni Iskandar, SIk, serta didampingi para Patun Pokjar 2 dan juga beberapa personil dari Lembaga.

Adapun kegiatan tersebut yakni. bertemakan Optimalisasi Sat Binmas di Polres Tasikmalaya Kota guna  mencegah Konflik Sosial dalam rangka Pilkada yang kondusip tersebut, kegiatan dilakukan secara virtual dan tatap muka namun tetap patuhi Protokol Kesehatan (Prokes Covid-19).

“Dengan dilakukannya KKL ini , kita harapkan para peserta didik mampu menjadi Manajer tingkat pertama dan Pimpinan tingkat Pertama serta Staf yang Profesional,” harap Kombes Pol. Jhony Iskandar, SIK, dihadapan para Serdik tersebut.

Dikatakan, bahwa diharapkan juga para peserta didik  bermoral dan modern dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam membangun tim atau kerjasama kelompok serta mampu memecahkan perpecahan kepolisian yang terjadi di lapangan khususnya di tingkat Polres.

“Sebagai manajer dan pimpinan tingkat pertama, para serdik diharapkan memiliki profesional yang baik dalam melaksanakan tugas dan memiliki kemampuan berfikir secara masif, serta mampu menjadi konsultan yang dapat memberikan solusi yang ada di lapangan salah satunya melalui kuliah kerja lapangan ini,” ucap  Pawas Sespimma Polri, Kombes Pol Jhony Iskandar SIK.

Jhony menambahkan, dengan adanya pandemi Covid-19 saat ini, maka berpengaruh terhadap semua aspek termasuk pembelajaran di Sespimma Polri yang dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh sehingga kegiatan KKL saat ini pun tidak sepenuhnya dihadiri serdik dan sebagian mengikuti melalui daring.

“KKL ini akan dilaksanakan selama 5 hari dan ditengah pandemi saat ini, tentu berpengaruh terhadap proses pembelajaran di Sespimma, namun pembelajaran jarak jauhpun dilakukan sehingga kegiatan KKL ini tidak sepenuhnya dihadiri serdik dan sebagian mengikuti melalui daring.

“Maka dari itu, para pejabat utama terutama Kapolres dapat membantu peserta didik selama kegiatan KKL di wilayah hukum Polres Tasik Kota,” kata Jhony.

Sementara  Wakapolres Tasikmalaya Kota, Kompol H Hidayatullah yang mewakili Kapolres Tasikmalaya Kota mengatakan, pihaknya merasa bangga dengan dipilihnya wilayah hukum Polres Tasikmalaya Kota sebagai salah satu tempat KKL Sespimma Polri.

Pasalnya, di wilayahnya saat ini sedang ada kegiatan Pilkada, tepatnya di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, yang sebagian wilayah Administratifnya masuk ke Polres Tasikmalaya Kota.

“Ya, tentunya kami merasa bangga dengan dipilihnya wilayah Polres Tasikmalaya Kota sebagai satu tempat Kuliah kerja lapangan Sespimma Polri. Kami akan siap membantu mensukseskan KKL Sespimma Polri disini,” terang Wakapolres Tasikmalaya Kota, Kompol H Hidayatullah.

Usai pembukaan KKL, kegiatan dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) yang bertema “Optimalisasi Sat Binmas di Polres Tasikmalaya Kota guna mencegah Konflik sosial dalam rangka Pilkada yang kondusif” dengan pemateri Kapolsek Indihiang Kompol Didik Rohim Hadi mewakili Kabag Ops, Kasat Intelkam AKP Rachamat Hamdan, Perwakilan KPU Kabupaten Tasikmalaya, Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Kesbangpol Kabupaten Tasikmalaya dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya. (NVJ)

LAINNYA