Gambar_Langit Gambar_Langit

Potensi Desa Tegalombo

waktu baca 2 menit
Kamis, 12 Nov 2020 22:28 0 141 Admin Pelita

Batang, Pelita sumsel – Alam indonesia yang menabjubkan telah terbukti menghasilkan tempat wisata alami yang bisa disambangi dan dinikmati oleh para wisatawan.

salah satunya goa pasolatan yang terletak di Dukuh Cetosari, Desa Tegalombo Kecamatan Tersono Kabupaten Batang. Sejak dikelola oleh Sohari, Kadus setempat selama 2 bulan ini, kini Goa Fasolatan mulai banyak diminati oleh wisatawan.

“Goa Fasolatan sebelumnya adalah bukit yang terdapat Makam Ky Syaifudin,  konon katanya dulunya goa tersebut untuk pertemuan para wali ditanah jawa”ungkap Sohari.

sohari bersama keluarga besar yang telah mendapat wasiat dari simbahnya untuk merawat makam yang ada dibukit Goa Fasolatan. Kini telah berhasil mengembangkan potensi desa yang sangat luar biasa.

Dari Pantauan Pelita Sumsel, akses jalan masuk menuju wisata tersebut belum bisa dikatakan layak apalagi jika musim hujan masih sulit dilampaui pengunjung.

“Selain untuk wisata pesona alam, religi,  goa tersebut untuk kedepanya berencana untuk digunakan paralayang dan ini sangat sayang sekali apabila tidak dikembangkan lagi untuk menjadi potensi yang lebih istimewa,” tambahnya.

Kades tegalombo mengaku ingin sekali mengembangkan wisata yang ada di salah satu dukuhnya cuma dimasa Covid-19 saat ini sangat sulit .

untuk sementara ini dari dari pengelola wisata menyediakan kotak amal yang bertulisan 2000 rupiah untuk pengunjung yang datang, hal demian untuk bertujuan bisa sedikit membantu pengembangan wisata Goa Fasolatan.

Ia berharap, Dinas Pariwisata berkenan membantu pengembangan wisata di Desa Tegalombo itu. (AW)

LAINNYA