Gambar_Langit Gambar_Langit

Pertunjukan Reog dan Kuda Lumping Meriahkan Pelantikan Pawargo Sumsel

waktu baca 3 menit
Rabu, 11 Nov 2020 12:52 0 99 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Ada pertunjukan reog dan kuda lumping di mall, tepatnya di di Atrium Opi Mall Jakabaring, Selasa (10/11/2020).

Hal ini ditampilkan saat Pelantikan Paguyuban Warga Ponorogo (Pawargo) Sumatera Selatan dan Launching Tabloid Bimasena Sriwijaya Media serta pelantikan Forum Komunikasi Rukun Tetangga Palembang Emas Darusalam

“Didaerah lain mungkin belum pernah tapi pada hari ini menunjukkan bahwa ragam budaya Sumatera Selatan itu sangat kaya. Ini Pertama kali kuda lumping dan reog main di mall.Walaupun reog itu dari seberang tapi sudah menyatu,” Ketua Dewan Pembina Pawargo Sumsel, Dodi Reza Alex Noerdin

Bupati Muba ini juga berharap ini akan semakin berkembang dan akan terus kita bina berbagai macam budaya yang ada di Sumatera Selatan, keberagaman seni dan budaya di Sumsel juga harus di support dan dibina oleh Pemerintah agar tetap eksis hingga ke masa yang akan datang.

“Apalagi ini adalah warisan turun temurun dari sejak nenek moyang kita dahulu, tentu harus dijaga,” katanya.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Palembang Zainal Abidin, SH mengatakan ini sangat luar biasa untuk kebudayaan. Pawargo ini paguyuban warga Ponorogo yang ada di Sumatera Selatan.

“Alhamdullilah dengan adanya ini apresiasi kami sangat baik dan juga di kota Palembang ada budaya kita yang sangat populer yaitu dulmuluk. Sekarang ini di sini perkembangan budayanya kalau di lihat masih kurang,” ujarnya.

Dikatakan, Mudah-mudahan dengan berdirinya Tabloid Bimasena yang notabenenya tentang kebudayaan bisa membangkitkan lagi budaya-budaya kita yang baik, bisa berkembang di masyarakat dan mudah-mudahan ditingkat nasional serta di luar negeri.

“Semoga kebudayaan ini bisa mempererat antara etnis dan suku serta menjadi media hiburan kepada masyarakat. Apalagi ditengah pandemi ini masyarakat butuh hiburan untuk refreshing dan menigkatkan imun tubuh,” ujarnya.

Ditempat terpisah Ketua Pawargo Sumsel Mujianto, mengatakan Musi Banyuasin menjadi daerah percontohan yang komitmen menjaga nilai-nilai serta eksistensi keberagaman budaya.

“Alhamdullilah Pak Dodi sebagai ketua pembina karena satu-satunya bupati atau tokoh masyarakat yang ada di Sumatera Selatan peduli kepada kesenian nasional reog, kuda lumping, dan campur sari yang ada di Sumsel ini. Kami berharap Pemerintah lainnya di Sumsel ini memberikan perhatian dan pembinaan terhadap pelaku seni dan budaya agar tetap selalu terjaga sampai ke anak cucu kita nanti,” ujarnya.

“Keberadaan kepengurusan Pawargo Sumsel dapat memberikan nilai positif terhadap keberagaman budaya di Sumsel dan Semoga bermanfaat untuk masyarakat.

Yudi Parola Bram Pimpinan Umum Bima Sena Media Sriwijaya mengucapkan terima kasib kepada Dodi Reza Alex Noerdin bupati musi banyuasin, serta Pakde Slamet Sumansentono yang peduli dengan budaya yang ada di Sumatera selatan. semoga media budaya ini bisa mengankat kembali kejayaan budaya yang pudar (RPS)

LAINNYA