Gambar_Langit Gambar_Langit

Tanah Longsor Ancam 5 Rumah di Kelurahan Tungkal

waktu baca 2 menit
Selasa, 20 Okt 2020 23:37 0 93 Admin Pelita

Muara Enim, Pelita Sumsel – Beberapa waktu terakhir, cuaca ekstrem  mulai meningkat di Muara Enim Selain seringnya hujan mengguyur dengan intensitas sedang hingga deras, juga tak jarang disertai angin kencang. mengakibatkan Longsor kembali terjadi tepatnya  di Perumahan grand azury di Kelurahan Tungkal Kabupaten Muara Enim, Selasa ( 20/10).

Dampak dari diguyur hujan terus menurus yang terjadi sejak beberapa hari ini berdampak melebarnya longsor di Perumahan Warga  Perumahan Grand Azury ( remiling) yang berada di dipinggir aliran Sungai Enim ini mengancam dari lima rumah di khawatirkan  longsor ke sungai.

Menurut Pelita Sumsel, media longsor ini sebenarnya sudah dilaporkan warga bersama Ketua RT 001  Kelurahan Tungkal ke  pihak Kelurahan  dengan harapan diteruskan ke Kecamatan dan Dinas PU PR Kabupaten Muara Enim.

“Iya beberapa Minggu lalu warga dengan diketahui ketua RT sudah melapor secara tertulis diserahkan  langsung kepada Lurah tungkal ibu evi fitriani.,SE dengan harapan  diproses sesuai mekanisme  dari lurah bisa meneruske ke Kecamatan dan Pemerintah Kabupaten Muara Enim ( Dinas Pu dan PR Muara Enim),” harap sudar didampingi beberapa warga yang terkena longsor.

“Dikhawatirkan kalau dibiarkan terus menerus akan mengancam rumah yang berada di pinggiran sungai lebih dari lima rumah akan terjun ke sungai “tegas sudar.

Diketahui, longsor ini sebenarnya sudah terjadi sejak   awal tahun  dan warga sudah melapor baik secara tertulis dan lisan. Tentunya warga berharap secepatnya di tindak lanjuti oleh Pemerintah Kabupaten Muara Enim  untuk dilakukan pembangunan Bronjong baik melalui ABT tahun 2020 ini atau diusulkan Di tahun 2021 nanti.

Lurah Tungkal ketika diminta tanggapannya mengatakan benar sudah ada laporan dari warga selanjutnya Laporan tersebut sudah  saya laporkan ke Pihak Kecamatan  sebelum longsor hari ini, dengan harapan dilaporkan ke  Dinas PU dan PR  Kabupaten Muara Enim secepatnya,” terang Evi Fitriani SE, Lurah Tungkal.

Ia menuturkan sesuai prosedur atau mekanisme saja  dimana pihak  kelurahan  melapor ke Kecamatan, nanti Kecamatan meneruskan laporan ini ke Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Muara Enim” jelasnya.

Evi mengaui sebelumnya ia ingin mengajak Pihak Kecamatan meninjau lokasi tanah longsor.

“Tapi ketika dihubungi pihak Kecamatan  melalui Bidang Pemerintah dan Pembangunan, Pak Jaswan  sedang  Dinas ke Desa,” tutupnya.(NVJ)

LAINNYA