Home / DAERAH / OKU RAYA / OKU SELATAN / Warga Simpang Campang Masih Gunakan Turbin Untuk Penerangan

Warga Simpang Campang Masih Gunakan Turbin Untuk Penerangan

OKU Selatan, Pelita Sumsel — Warga Desa Simpang campang, Kecamatan Kisam ilir Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, tepatnya di Talang Palak Siring hingga saat ini masih menggunakan atau memanfaatkan tenaga turbin air sebagai sumber penerangan listrik terutama saat di malam hari.

“Ada cukup banyak Kepala Keluarga yang ada di talang Tapak siring ini, dan untuk sumber listrik sebagai penerangan kami masih menggunakan tenaga turbin memanfaatkan aliran air irigasi yang ada di daerah setempat, dan selain menggunakan tenaga turbin beberapa KK yang ada menggunakan aliran listrik dari tenaga surya, “jelas Nasarman dan Fiskon dua warga talang palak siring Desa Simpang campang Kecamatan Kisam ilir dibincangi Pelita Sumsel ,Kamis (23/7).

Pantauan Pelita Sumsel sendiri di lapangan, ada sekitar 10 rumah atau Kepala Keluarga yang mendiami serta bertempat tinggal di wilayah talang Palak siring Desa Simpang campang.

Di sekitar lokasi keberadaan talang palak siring, menurut informasi dari warga setempat ada bangunan irigasi yang berfungsi sebagai sumber air pertanian warga yang ada di wilayah Desa campang.

Untuk menuju ke talang palak siring, jarak yang harus di tempuh sekitar 3 KM dari pusat Desa Simpang campang dengan kondisi jalan yang di lewati sebagian masih berupa jalan tanah sebagian serta sebagian lagi telah pernah dilakukan semenisasi atau di cor setapak,sedangkan di dekat lokasi titik utama saluran irigasi berada terlihat telah dibangun jalan setapak.

Kiri kanan sepanjang jalan dari pusat Desa menuju ke Talang palak siring sebagian besar terlihat merupakan area perkebunan juga terdapat juga persawahan milik warga.

Sementara Kepala Desa Simpang campang, Buyung, saat ingin di kofirmasi Pelita Sumsel di kediamannnya, sedang tidak ada dirumah menurut keterangan penghuni rumah yang ada. (DK)

Bagikan Ini Di :