Gambar_Langit Gambar_Langit

KPU OKU Lakukan Gerakan Coklit Serentak

waktu baca 2 menit
Sabtu, 18 Jul 2020 17:25 0 103 Admin Pelita

OKU, Pelita Sumsel – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ogan Komering Ulu (OKU) melakukan gerakan  coklit serentak (GCS) data pemilih di Bumi Sebimbing Sekundang, Sabtu (18/7). Kegiatan GCS KPU OKU ini dihadiri langsung oleh Divisi Tehnis KPU Provinsi Sumsel Hendri Daya Putra didampingi Ketua KPU OKU Naning Wijaya dan Komisioner KPU Lainnya serta petugas Panwascam.

Pelaksanaan GCS ini ditandai dengan  pencoklitan kepada sejumlah tokoh masyarakat di Kabupaten OKU diantaranya,  Midaili SSTP MSi (Kepala BKP SDM OKU), Maratu Fahri (Ketua Muhammadiyah), Muhammad  serta , Bahori (Ketua NU) dan penyandang  Disabilitas.

“Sesuai dengan tahapan pemilihan yang telah di tetapkan oleh KPU RI, mulai tanggal 15 juli- 13 Agustus kita melaksanakan pencocokan dan penelitian (coklit) serentak nasional,” kata Divisi Tehnis KPU Provinsi Sumsel Hendri Daya Putra didampingi Ketua KPU OKU Naning Wijaya dibincangi usai pencoklitan Kepala BKP SDM OKU Mirdaili SSTP MSi.

Dijelaskan Hendri , Coklit Nasional ini adalah proses pencocokan dan penelitian daftar pemilih yang ada diformulir  model A hasil singkronisasi data dari kemendagri dan KPU yang telah diturunkan kepada tingkat PPS dan dilanjutkan ke PPDP.

“Dan hari ini kita melakukan coklit serentak, petugas PPDP telah mendatangi rumah-rumah warga,” katanya.

Tujuan coklit ini sendiri kata Hendri, untuk mencocokan data sehingga masyarakat dapat etrdaftar sebagai pemilih. Apabila lanjutnya ada masayarakat yang belum terdaftar atau tidak terdftar dapat diamsukan sebagai pemilih baru, selian itu jika ada pemilih yang telah pindah pemilih juga dapat di masukan didalam data.

“Harapan kita dengan petugas PPDP melakukan pencoklitan seluruh pemilih yang mempunyai hak pilih disetiap daerah yang ada pemilihan Bupati dan wakil bupati atau walikota dan wakil walikota semuanya terdaftar sebagai pemilih yang nanti akan ditetapkan sebagai daftar pemilih sementara,” tukasnya.

Sementara itu Ketua KPU OKU Naning Wijaya melalui Devisi Tehnis Penyelenggaraan KPU OKU Yudi Risandi, KPU OKU menyebar 725 petugas PPDP untuk melaksanakan proses coklit serentak. “Petugas PPDP ini tersebar diseluruh wilayah OKU,” tukasnya (AND)

LAINNYA