Gambar_Langit Gambar_Langit

Pertemuan DPD dan Mendagri Tak Bahas Pemecatan Bupati Jember Faida

waktu baca 2 menit
Selasa, 23 Jun 2020 18:34 0 120 Admin Pelita

Jakarta, Pelita Sumsel – Bupati Jember Faida tidak tergoyahkan sebagai bupati yang sah karena beberapa akhir ini sedang tidak harmonis dengan DPRD Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.

Sampai DPD dan Mendagri menggelar Forum Konsultasi dan Mediasi yang difasilitasi oleh Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia di Komplek Parlemen, Senayan, Senin (22/6) pagi.

Selain dihadiri Mendagri Tito Karnavian dan Ketua DPD Lanyala Mattaliti, hadir dalam forum tersebut Wakil Ketua DPD Baktiar Najamudin, Ketua Badan Akuntabilitas Publik, BAP, DPD RI, Slyviana Murni, Ketua dan Pimpinan DPRD Kabupaten Jember, Senator DPD RI Bustami Zainudin dan sejumlah tokoh masyarakat dari Kabupaten Jember.

Sylviana Murni berjanji akan mencari jalan keluar yang obyektif dengan meminta agar Kemendagri bertindak sesuai koridor peraturan perundangan yang berlaku.

“Bila perlu memanggil terlebih dahulu Bupati Jember Faida, sebelum mengambil keputusan terkait dugaan mal administrasi dan pelayanan publik yang dilakukan oleh Bupati Jember”, jelas mantan pejabat di Pemprop DKI Jakarta.

Dikatakan, hal ini perlu dilakukan karena kami harus objektif dalam menjalankan tugas secara kelembagaan. Sehingga didapatkan keputusan yang diambil atas dasar informasi yang komprehensif.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian malah masih memberi tenggat waktu kepada Bupati Jember Faida yang akan bertemu dengan Gubenur Jawa Timur. Pertemuan dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansah akan digelar pada tanggal 24-26 Juni mendatang. Setelah hubungan Bupati Jember dengan DPRD Kabupaten Jember makin berlarut selama ini.

Dihadapan pimpinan DPD Mendagri Tito menjelaskan, persoalan Kabupaten Jember sebenarnya adalah komunikasi antara kepala daerah dan DPRD.

“Kami di Kemendagri menunggu hasilnya, jika tidak tuntas, baru kami akan melakukan langkah berikutnya, tukas mantan Kapolri tanpa menjelaskan putusan apa yang akan diambil,”ujarnya.

Pada DPD periode sebelumnya Bupati Jember Faida yang cantik pernah jadi nara sumber di DPD saat digelar diskusi oleh Senator. (OCE)

LAINNYA