Gambar_Langit Gambar_Langit

Cegah Karhutla Sejak Dini, Polsek Pangkalan Balai Lakukan Pengecekan Kanal di PT KAM

waktu baca 2 menit
Jumat, 19 Jun 2020 18:02 0 193 Admin Pelita

Banyuasin, Pelita Sumsel — Untuk mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Kapolsek Pangkalan Balai AKP Indrowono, beserta jajaran melakukan pengecekan Sekat kanal di PT.KAM yang berada dalam wilayah hukum Polsek Pangkalan Balai, Jum’at (19/6).

Kapolsek Pangkalan Balai AKP Indrowono, mengatakan bahwa giat tersebut sebagai antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan sejak dini, mengingat Pangkalan Balai Kabupaten Banyuasin merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan yang dianggap sebagai penyumbang asap terbesar karena memiliki lahan rawa gambut yang mudah terbakar.

“Belajar dari pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya lahan gambut sangat rentan akan kebakaran dan sulit dipadamkan, untuk itu kita melakukan pengecekan Sekat Kanal PT KAM sejauh mana kesiapan mereka dalam mengantisipasi Kaehutla sejak dini”, paparnya.

Tetkait tersebut, pihaknya bersama jajaran berupaya semaksimal mungkin menekan terjadinya kebakaran lahan, salah satunya dengan cara melakukan pengecekan Sekat Kanal di setiap perusahaan perkebunan yang berada di lahan gambut. Polsek Pangkalan Balai terus mendorong kepada setiap perusahaan perkebunan agar Sekat Kanal lebih banyak lagi.

” Berkat kerjasama dan koordinasi yang baik dengan pihak PT KAM, mereka telah memelihara Sekat Kanal dengan baik dalam mengantisipasi karhutla sejak dini,” ungkapnya.

Masyarakat juga dihimbau agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, karena barang siapa yang membakar lahan dengan sengaja atau karena kelalaiannya maka akan ditindak pidana sesuai hukum yang berlaku.

”Mari bersama-sama kita selamatkan hutan dan paru-paru dunia dari kebakaran lahan dan asap karena kalau bukan kita siapa lagi”, himbaunya.(Suh)

LAINNYA