Gambar_Langit

Pihak RS Rabain Muara Enim Bantah Isu Ada Pasien Virus Corona

waktu baca 2 menit
Kamis, 30 Jan 2020 19:38 3 218 Redaktur Romadon

 

Muara Enim, Pelta Sumsel – Beredar informasi dimedia sosial yang menyebutkan ada pasien Virus Corona, di Rumah Sakit Rabain, hingga membuat masyarakat Kabupaten Muaraenim jadi cemas atas isu tersebut.

“Itu tidak benar (Hoax) informasi yang beredar di media sosial yang menyebutkan RS HM Rabain, merawat pasien Virus Corona,” tegas Hendriyatno Direktur Rumah Sakit H.M. Rabain Kabupaten Muara Enim pada Kamis (30/01/2020).

Ia juga membenarkan, kalau ada pasien TKA asal Tiongkok, yang berobat di RS.

“Benar ada pasien TKA warga Tiongkok yang bekerja di Proyek PLTU Sumsel VI Tanjung Lalang, bahwa pasien belum positif suspect virus corona, pasien asal Tiongkok ini merupakan kiriman dari RS BAM Tanjung Enim,” katanyab

Menurutnya, data pasien dalam dua minggu terakhir tidak ada riwayat dan berpergian ke Tiongkok, tetapi pasien memang banyak kontak dengan sesama orang Tiongkok

“Pasien sudah kita diperiksa rontgen parunya dan tidak terdapat gambaran pneumonia,” ungkapnya.

Pihaknya juga tidak menemukan gejala sesak nafas terhadap pasien tersebut.

“Ya, suhu tubuhnya 38 derajat celcius, sudah kita beri obat dan kondisinya membaik. Kalau dilihat dari kondisinya sekarang belum mendukung kearah virus corona. Namun, kita tetap akan melakukan satu langkah lagi untuk melakukan pemeriksaan sputum dan swab tenggorokan pada pasien tersebut,” terangnya

Ia juga menyampaikan, bahwa hari ini pihaknya akan berkoordinasi bersama Tim RS HM Rabain dalam siaga penanggulangan wabah virus corona.

“Ya, kita sudah membentuk tim khusus, dan besok kita akan berkoordinasi dulu untuk mengambil langkah selanjutnya. Saya harap masyarakat tidak segera langsung menyimpulkan, namun tetap harus waspada.
“Sementara itu, akun media sosial yang memposting isu tersebut telah mengklarifikasi dan meminta maaf atas postingannya yang meresahkan masyarakat Kabupaten Muara Enim tersebut,” tutupnya.(NVJ)

LAINNYA