Home / DAERAH / OKU RAYA / OKU / Yudi : Kewajiban DPRD Membantu Dan Meralisasikan Aspirasi Masyarakat

Yudi : Kewajiban DPRD Membantu Dan Meralisasikan Aspirasi Masyarakat

OKU, Pelita Sumsel – Wakil Ketua DPRD OKU Yudi Purna Nugraha SH bersama Ketua Komisi III DPRD OKU Densi Hermanto SH MSi menyambangi dusun II Kibang Desa Terusan Kecamatan Baturaja Timur OKU, Senin (08/08/2022) siang.

Kedatangan mereka dalam rangka silaturahmi sekaligus mendengarkan aspirasi yang menjadi keluh kesah masyarakat setempat. Turut hadir dalam kegiatan itu, beberapa anggota DPRD OKU lainnya yakni Mirza Gumay, Erlan Abidin, Yopi Sahrudin, Soderi Tario dan Ledi Patra.

Dalam kesempatan itu masyarakat setempat mengadukan keluh kesah mereka, bahkan ada yang mengadu pernah
Dua kali terjatuh dari sepeda motor akibat jalan rusak.

Kerusakan jalan utama masyarakat ini sudah lama terjadi sehingga banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Terutama jalan cor lingkar Kurup Batukuning yang merupakan jalan propinsi yang rusak hampir lima tahun terakhir.

“Kami ini sudah banyak korban pak akibat jalan rusak baik didalam pemukiman dan jalan lingkar yang semakin hari semakin rusak. Bahkan ada warga yang yang dua kali terjatuh dua kali pula keguguran. Berhubung pimpinan DPRD datang ke tempat kami besar harapan kami ini bisa jalan tersebut segera diperbaiki,” Ujar warga.

Pertemuan warga dengan Wakil ketua DPRD OKU, Yudi Purna Nugraha dan pimpinan komisi di DPRD OKU tersebut digelar setelah sebelumnya kepala Desa Terusan, Tugino mendatangi pimpinan DPRD OKU untuk menyampaikan keluhan terkait pembangunan sejumlah infrastruktur di desa tersebut. Dari pertemuan sebelumnya tersebut Wakil ketua dan anggota DPRD OKU kemudian menindaklanjuti keluhan tersebut dengan mendatangi Desa Terusan untuk meninjau langsung.

“Waktu itu tengah malam itu Kades terusan mendatangi kami. Kemudian Saya sampaikan jika keluhan yang disampaikan itu akan diteruskan ke Pimpinan DPRD. Keluhan ini kami sampaikan ke wakil ketua Karena kami yakin bisa membantu. Karena kami tahu, bahwa bagi Yudi tak ada yang tak bisa dilakukan jika bicara kepentingan masyarakat,” papar Anggota DPRD Densi Hermanto.

Walhasil, keesokan harinya, dirinya langsung menindaklanjuti hal tersebut kepada Yudi. Dan pria yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPD PAN Kabupaten OKU, itupun langsung memanggil Dinas PU PR.

“Akhirnya ada solusi dari beliau (Yudi,red). Yaitu melalui anggaran pembangunan dan pemeliharaan jalan dalam kota. Walau Desa Terusan ini berstatus desa, tapi posisinya berada dalam ring kota sehingga bisa di-cover,” terang Densi.

Artinya, sambung Densi persoalan tersebut memungkinkan untuk segera di realisasikan melalui anggaran yang ada. Dimana jalan desa terusan akan diaspal. “Jadi, jalan poros Desa Terusan ini akan diaspal. Dan saat ini pun kami mengajak rekan dari PU PR,” Sambungnya.

Sementara itu, Yudi menegaskan kedatangan nya itu bukan manuver politik jelang pileg dan pilkada Mendatang. Bicara urusan Pilkada, Bagi dia Pilkada itu urusan nomor sekian.

“Intinya, apapun kendala sampaikan ke kami. Karena DPRD memang tempat untuk menyampaikan keluh kesah dan kegelisahan, apalagi berkaitan dengan hal yang tak bisa diakses masyarakat. Silahkan huhungi komisi masing-masing yang membidangi,” katanya.

Dikatakan Yudi, sudah menjadi kewajiban pihaknya (anggota DPRD,red) untuk membantu dan merealisasikan aspirasi dari masyarakat.

“Tidak ada kata tolong menolong dengan masyarakat, Tapi sudah menjadi kewajiban kami membantu kesulitan masyarakat. Kalau kemudian kami menepatinya, lantas kami minta tolong lagi kepada masyarakat untuk dipilih dengan mengungkit yang sudah di berikan itu sangat salah karena sudah menjadi kewajiban kami dan Pemerintah. Dan saya sendiri kalau sudah ngomong, dak mau narik omongan itu,” Tegas Yudi.

Kebulatan terhadap pilihan politik itu, tambah Yudi, akan menentukan siapa yang bertanggung jawab terhadap kehidupan masyarakat konstituennya. Baik hal yang berkaitan dengan insfrastruktur dan hal lainnya yang berkaitan dengan masyarakat.

Sehubungan dengan pertemuan itu, Yudi pun mempersilahkan masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya. “Untuk pembangunan Tahun ini anggaplah bonus. Dan untuk aspirasi lainnya, ingatkan kami jelang pembahasan APBD, utamanya yang masuk skala prioritas. Sebab, kalau kami datang kedua kalinya kesini, pembangunannya harus sudah ada. Malu kami, kalau tidak terbukti,” Ucap Yudi.

Sementara itu, Di lain pihak, Kades Terusan Tugino, menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan Wakil Ketua DPRD OKU Yudi Purna Nugraha, beserta anggota DPRD OKU lainnya.

Di kesempatan itu, ia pun mengharapkan pembangunan insfrastruktur untuk Desa Terusan khususnya dusun II Kibang. Lantaran masih banyak pembangunan yang belum dijangkau.

“Kita sangat bersyukur dan berterima kasih atas kunjungan Pak Yudi dan rombongan kesini secara langsung. Sebab selama ini, kalau ada aspirasi yang ingin disampaikan, upaya kami sebatas usulan. Tidak bertemu secara langsung. Kalau tidak, kami yang mengajukan ke Pemkab,” Kata Tugino.

Diakhir pertemuan, Yudi Purna Nugraha juga memberikan bantuan pembangunan masjid dan musholah di Desa Terusan Kecamatan Baturaja Timur. Bantuan tersebut diberikan secara pribadi. Namun dikatakan Yudi pengurus masjid bisa mengusulkan bantuan pembangunan masjid melalui Bidang Kesra karena setiap tahun DPRD OKU selalu menyetujui anggaran hibah pembangunan masjid dan musholla. (And)

Bagikan Ini Di :