Gambar_Langit Gambar_Langit

143 Peserta Seleksi Panwascam Ikuti Test CAT Dan Wawancara

waktu baca 2 menit
Jumat, 13 Des 2019 21:13 0 99 Admin Pelita

OKU, Pelita Sumsel – Untuk pertama kalinya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten OKU menggelar test penerimaan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) dengan menggunakan sistem computer assisted test atau CAT, Jum’at (13/12). Selain test CAT, Bawaslu OKU juga menggelar test wawancara secara langsung kepada peserta.

Kegiatan yang dipusatkan di SMK N 3 OKU ini diikuti okeh 143 peserta calon Panwascam yabg telah lolos adiministrasi. “Sistem baru ini untuk menjaga integritas dan obyektivitas Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam melakukan seleksi,” Kata Bawaslu OKU, Dewantara Jaya didampingi Kordiv HPP, Anggi Yumarta dan Kordiv Pengawasan Humas dan Hubal, Yeyen Andrizal.

Dikatakan Dewantara, Pelaksanaan seleksi berbasis online atau CAT ini merupakan gebrakan perdana Bawaslu RI dalam perekrutan pengawas adhoc tingkat kecamatan. CAT merupakan metode seleksi dengan alat bantu komputer dalam rangka mengikuti perkembangan teknologi informasi.

“Sistem tes tulis CAT mirip dengan test penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Dimana setelah peserta menyelesaikan soal ujian tertulis, langsung bisa diketahui hasilnya. Sementara periode sebelumnya, seleksi administrasi dan tes tulis secara manual, kemudian dilanjutkan tes wawancara,” ujarnya

Dilanjutkannya, seleksi Panwascam ini dilaksanakan mulai hari ini dan dibuka pukul 8.00 WIB sampai selesai, (13-16 Desember) mendatang. “karena keterbatasan perangkat komputer yang kita (Bawaslu OKU Red) miliki, kita bekerjasama dengan SMK N 3 OKU untuk meminjam peralatan komputer dalam pelaksanakan Test CAT,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Bawaslu OKU sebelumnya menerima berkas sebanyak 149 orang pendaftar Panwas Kecamatan se-Kabupaten OKU, Bawaslu OKU mengumumkan sebanyak 143 orang pendaftar lulus tahapan administrasi yabg terdiri dari 123 orang Laki-Lakindan 20 orang Perempuan. Sementara 6 orang pendaftar lainnya tidak lulus administrasi. (AND)

LAINNYA