Gambar_Langit Gambar_Langit

Bupati Kholid Sosialisasi Bijak Bermedia Sosial 

waktu baca 2 menit
Senin, 4 Nov 2019 10:53 0 100 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Dihadapan ratusan pelajar, Guru dan ASN di SMA Negeri 3 Martapura, Bupati OKU Timur H.M Kholid MD mengingatkan, dalam menggunakan media sosial (medsos) siapapun itu baik ASN, masyarakat umum maupun pelajar haruslah pintar dan bijak. Hal itu disampaikannya dalam sela-sela Sosialisasi Penggunaan Medsos di SMAN 3 Martapura. Senin (04/11/2019).

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan tersebut Kadis Kominfo OKU Timur, Kepala BPS OKU Timur, Sekretaris Dinas Pendidikan OKU Timur, Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Martapura.

Diera Digital ini kata Kholid, Medsos sudah menjadi teman yang paling akrab bagi siap saja. Maka tak heran di mana pun berada, setiap orang dengan mudah menemukan sanak saudara kenalan dengan berselancar di medsos.

“Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) ada tiga konten paling sering di akses yaitu medsos, hiburan. dan berita. Bahkan Indonesia menjadi negara ke empat paling aktif menggunakan media sosial di dunia,” katanya.

Namun lanjut Kholid, medsos juga layaknya pisau bermata dua, bisa menjadi alat ampuh untuk menebarkan kebencian. Tidak jarang terjadi pertengkaran, kejahatan, serta media sosialpun bisa mengirim masuk ke ranah hukum. “Untuk para pejabat, ASN saya mengingatkan, pentingnya untuk mengoptimalkan penggunaan informasi digital dan medsos secara cerdas dan bijaksana. Manfaatkan sarana digital dengan optimal dan beretika untuk meningkatkan kualitas masing-masing individu,” katanya.

Melalui medsos, Kholid juga meminta ASN di OKU Timur mampu menjadi agen komunikasi dalam penyebaran kebijakan Pemerintah daerah dalam bentuk penyediaan data, informasi yang baik, benar, dan mendidik serta akurat. “Kepada adik-adik pelajar saya juga berharap jadikanlah medsos ladang pergaulan untuk berkreasi dan wahana pendidikan sehingga menjadi ajang meningkatkan kemampuan diri,” katanya.

Pada kesempatan ini, Kholid memberikan beberapa tip dalam penggunaan media sosial, pertama cermati konten yang akan di tulis dan di share. Selalu cek kebenaran dan sumber informasi tersebut. Hindari menggunakan media sosial saat sedang emosi. sebab dalam keadaan tersebut kita akan mudah bertindak irasional yang akan berpeluang terkena UU ITE. Pilih dan pilah jaringan perkawanan. “Gunakan medsos sesuai hobi dan minat. Pakai platform medsos tersebut cocok dengan apa goal yang hendak di capai. Terakhir lindungi akun,” ucapnya.

Kholid menjelaskan, medsos adalah ruang publik. Untuk itu jangan menyebar data pribadi secara full di medsos. Data-data ini sangat rentan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. “Pemerintah saat ini sudah menyiapkan chanel atau sarana laporan khusus melalui lapor SP4N melalui webnya. Saya mengajak gunakan sarana tersebut untuk memberi masukan yang membagun pada pemerintah daerah,” pungkasnya. (fah)

LAINNYA