Gambar_Langit Gambar_Langit

Cegah Hipertensi Melalui Cek Kesehatan Secara Rutin

waktu baca 1 menit
Rabu, 7 Agu 2019 20:22 0 102 Putra Pamungkas

Palembang, Pelita Sumsel – Tidak hanya Hari Raya Idul Fitri, Kemeriahan Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijah tahun Hijriyah juga selalu dinanti-nantikan oleh para umat muslim di seluruh dunia.

Dengan berkumpul bersama-sama untuk melakukan sholat Ied di pagi hari, umat muslim juga akan lakukan penyembelihan hewan kurban seperti sapi dan kambing dan membagi-bagikan daging kurban tersebut guna memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.

Dengan banyaknya daging kurban yang dibagi-bagikan tersebut, tak sedikit juga umat muslim dihantui rasa takut terhadap beberapa penyakit yang akan datang ketika terlalu berlebihan saat mengkonsumsi daging, salah satunya Hipertensi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang melalui Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PPPTM), Dedy Sandra mengungkapkan bahwa, pengkonsumsian daging yang bukanlah menjadi suatu penyebab pokok dalam suatu penyakit yang sering diderita saat hari raya Idul Adha.

“Memang biasa banyak masyarakat yang takut terserang Hipertensi, tetapi asalkan mereka rutin melakukan pengontrolan kesehatan di Puskesmas atau ke Dokter serta diiringi dengan makan obat yang teratur, pengkonsumsian daging saat Idul Adha itu bukanlah hal yang harus ditakuti,” singkatnya saat ditemui di ruangannya, Rabu (07/08). (Ren)

LAINNYA