Home / DAERAH / PALEMBANG / Gubernur Sumsel Lepas 448 JCH Kloter 1 Embarkasi Palembang

Gubernur Sumsel Lepas 448 JCH Kloter 1 Embarkasi Palembang

Palembang, Pelita Sumsel – Gubernur Sumsel H. Herman Deru melepas keberangkatan 448 jamaah calon haji (JCH) Embarkasi Palembang di Aula Asrama Haji Palembang, Minggu (7/7) pagi. Hadir dalam acara pelepasan antara lain empat anggota Komisi VIII DPR RI H. Mohammad Iqbal Romzi, Hj. Wenny Haryanto, Khotibul Umam Wiranu, Achmad Mustaqim, Kapolda Sumsel Irjen Polisi Firli, Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi, Ketua Baznas Provinsi Sumsel Drs. H. Najib Haitami, MM, Ketua MUI Sumsel Prof. H. Aflatun Muchtar, Kepala KKP Dr. Marjunet, Kepala Kemenag Kota Palembang H. Deni Priansyah, dan Kepala Kemenag OKU Timur HM. Rosyid.

Dalam arahannya Gubernur berpesan agar jamaah kloter 1 dapat memanfaatkan kesempatan menjalankan ibadah haji dengan sebaik mungkin. Sebab tidak semua orang diberi kesempatan untuk berangkat ke Tanah Suci. “Bapak/ibu ada yang sudah menunggu delapan atau sembilan tahun untuk bisa berangkat haji. Oleh sebab itu, manfaatkan waktu di sana untuk memperbanyak amal ibadah. Untuk dapat menjalankan ibadah dengan baik dan khusyu, bapak/ibu harus bisa menjaga kesehatan. Ibadah haji adalah ibadah fisik, jadi jagalah fisik sebaik mungkin. Banyak-banya minum air putih dan jangan terlalu lelah,” pesan Deru.

Deru juga berpesan agar para jamaah dapat mendoakan pemerintah dan warga Sumsel lainnya yang belum berkesempatan berangkat ke Tanah Suci. “Tolong doakan agar provinsi Sumatera Selatan tetap terjaga kerukunannya dan semakin maju ke depan. Terakhir semoga bapak/ibu dapat meraih haji mabrur,” tutur Deru.

Ketua PPIH Embarkasi Palembang HM. Alfajri Zabidi dalam laporannya menjelaskan, pada musim haji tahun ini Embarkasi Palembang akan memberangkatkan 8.545 jamaah dengan rincian 7.195 jamaah asal Sumsel, 1.255 asal Bangka Belitung, dan 95 petugas kloter. Menurut Fajri, jamaah haji Embarkasi Palembang akan diberangkatkan dalam dua gelombang. Gelombang pertama dari tanggal 7 sampai 19 Juli berjumlah 13 kloter, sedangkan gelombang kedua dari tanggal 20 sampai 25 Juli berjumlah enam kloter.

“Angkutan penerbangan jamaah haji Embarkasi Palembang diangkut dengan pesawat Saudi Arabian Airlines, dengan jumlah penumpang 445 JCH dan lima petugas kloter. Sedangkan pemondokan JCH Embarkasi Palembang ditempatkan antara 2KM sampai 4KM dari Masjidil Haram. Selain itu, tahun ini pemberian konsumsi makan jamaah haji berjumlah 75 kali yakni di Bandara Jeddah satu kali, di Mekkah 40 kali, di Madinah 18 kali, dan di Armina 16 kali,” jelas Fajri.

Sementara itu, Humas PPIH H. Saefudin menerangkan, terkait keberangkatan kloter 1 hari ini, ada satu jamaah yang terpaksa ditunda berangkat karena sakit dan dirujuk ke RSMH, yakni Sarmiyati dari OKU Timur. “Saat masuk asrama haji kemarin, jamaah kloter 1 berjumlah 449 orang, karena ada satu orang yang meninggal sebelum masuk asrama haji. Nah, dari 449 yang masuk asrama haji, satu orang dinyatakan tidak laik terbang dan mesti dirujuk ke Rumah Sakit. Dia akan diberangkatkan bersama kloter-kloter berikutnya apabila kondisinya sudah membaik dan ada seat kosong di pesawat,” terang Saefudin.

Saefudin mengaku bersyukur proses pemberangkatan jamaah kloter 1 berjalan lancar tanpa ada kendala berarti. Setelah dilepas di Aula Asrama Haji para jamaah langsung berangkat menggunakan bus menuju bandara. “Di Bandara SMB II, mereka dilepas Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi, Kabag TU H. Abadil, Ketua Baznas H. Najib Haitami, dan pihak otoritas bandara. Pesawat take off pukul 09.41 WIB,” tutur Saefudin. (yf)

Advertisement
Bagikan Ini Di :