Gambar_Langit Gambar_Langit

Status Siaga Karhutla Mulai Maret 2019

waktu baca 1 menit
Rabu, 27 Feb 2019 12:22 0 122 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel- Kemarau tahun 2019 akan datang lebih cepat berdasarkan laporan BMKG, maka Bulan Maret akan ditetapkan sebagai status siaga Karhutla

“Masyarakat dihimbau waspada Karhutla lebih awal yang ditetapkan pada bulan Maret mendatang. hal ini berdasarkan informasi dari BMKG musim kemarau akan mulai di bulan April. Bulan Maret akan ditetapkan sebagai status siaga Karhutla,” ungkap Kepala BPBD Sumsel Iriansyah usai rapat di BNPB Sumsel, Selasa (26/02).

“Untuk pastinya kita masih menunggu keputusan dari Gubernur Sumsel, status siaga Karhutla ditetapkan lebih awal untuk pencegahan lebih dini. Apalagi, April mulai musim kemarau, jadi ditetapkan siaganya Maret, “jelasnya

Kedepan semua OPD dan sektor terkait untuk sama-sama melakukan pencegahan dini.

“Hal-hal yang akan dilakukan untuk pencegahan Karhutla seperti patroli dini, patroli udara, pembasahaan lahan dan lain-lain,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Koordinator BMKG Sumsel, Nugo menjelaskan bahwa pada bulan April tingkat hujan akan turun dan awal musim kemarau pada Mei minggu terakhir sampai bulan Juni pertengahan.

Lanjut Nugo Untuk antisipasi Karhutla memang di sarankan pembentukan posko-posko dan penetapan siaga darurat dilakukan segara sebelum masuk musim kemarau.

“Puncak kemarau di bulan Agustus, September dan Oktober. Di puncak-puncak ini yang perlu diantisipasi karena bisa saja selama satu bulan tidak hujan,” tutupnya (yf)

LAINNYA