Home / DAERAH / OGAN KOMERING ILIR / BPBD OKI Turunkan 30 Orang Relawan

BPBD OKI Turunkan 30 Orang Relawan

OGAN KOMERING ILIR, Pelita Sumsel -Tak ada hujan debit air dikawasan Desa Cahya Maju Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir(OKI) meluap mencapai ketinggian 110 centi meter dari jalan. Antisipasi banjir susulan Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) OKI turunkan 30 orang relawan.

H Listiadi Martin kepala BPBD OKI didampingi Fahrul Husni Kasi Penangganan darurat bidang penanganan darurat dan logistik mengatakan saat ini untuk wilayah Kabupaten OKI, debit air mulai naik.

“Untuk wilayah Lempuing tepatnya desa Cahya Makmur, air mencapai 110 cm dari jalan. Dan didalam rumah mencapai 20 sampai 35cm”.ungkapnya.Jumat(15/02/2019).

Tambahnya, akibat meluapnya air tersebut berdampak pada 105 unit rumah dan terendam air sebanyak 24 unit rumah penduduk serta 200ha sawah.

“Selain itu, desa Cahya Maju, Sumber Makmur, Sumber Agung, Mekar Jaya dan desa Kepayang mulai berdampak. Mayoritas persawahan namun air belum masuk kerumah warga”.ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, Sebagai upaya penangganan dan antisipasi luapan air tersebut pihaknya menurunkan relawan siaga dilapangan.

“30 orang relawan kita turunkan dikecamatan Lempuing. Dan kita siapkan posko petugas kesehatan. Untuk tenda pengungsi belum kita buatkan karna Pak Kades meminta jangan dulu. Selain itu, Kita juga sudah siapkan perahu karet (piber) untuk mengangkut anak sekolah.”jelasnya.

Masih kata Fahrul, pada tahun 2015 lalu peristiwa ini pernah terjadi, tinggi air sampai 1meter lebih didesa Cahya Makmur.

” Kita pantau terus, sebab airnya naik perlahan-lahan. Terutama dimalam hari. Ditambah lagi mereka (warga,red) masih tinggal dirumah masing-masing. Kita tetap berusaha agar masyarakat keluar karna akan mengancam keselamatan mereka terutama dimalam hari”. Ujarnya.

Himbauan setiap hari kita melakukan baik diradio ataupun informasi kedesa-desa. Sebelum terjadi kita sampaikan informasi kepada masyarakat dituntut senantiasa siap dan siaga. Segera mengungsi cari tempat yang lebih tinggi.

“Dan untuk kecamatan kota kayuagung saat ini yang menjadi pantauan pihaknya ,rawan dampak yakni kawasan perumahan Purna jaya belakang Mapolres OKI, Kelurahan Sukadana debit air pagi ini naik 5 cm dari kemarin(tinggi air6 20cm,red)”.Pungkas Fahrul (sahilin).

PelitaSumsel.com Media Terverifikasi Dewan Pers alterntif text PelitaSumsel.com Media Dermawan Versi ACT Sumsel alterntif text
Bagikan Ini Di :