Gambar_Langit Gambar_Langit

Mahasiswa Berperan Sebagai Desiminator Islam Modern

waktu baca 2 menit
Selasa, 14 Agu 2018 18:22 0 111 Redaktur Pelita Sumsel

Reporter : Faldy”fly”Lonardo.

Palembang, Pelita Sumsel – Kepala Seksi Kemahasiwaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Ruchman Basori mengatakan bahwa mahasiswa sebagai Agent of Change berperan penting sebagai Desiminator Islam Moderat, saat menjadi nara sumber Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, dengan Materi “Pembentukan Karakter dan Corak Pemikiran Keagamaan yang Moderat Serta menanamkan kecintaan kepada ilmu pengetahuan dan Tekhnologi”, di Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RAFAH) Palembang, Senin (13/8).

“Hal itu dilakukan untuk menangkal paham dan idiologi intoleran dan radikal yang sedang melanda bangsa ini,” ujarnya di hadapan Mahasiswa Baru UIN RAFAH.

Masih menurut Ruchman Basori bahwa banyaknya pelajar dan mahasiswa yang mulai terpengaruh faham radikal sangatlah disayangkan, menjadi Islam dan menjadi Indonesia sangat penting, bukan untuk di pertentangkan.

“Saya berharap Mahasiswa UIN harus menjadi garda terdepan moderasi beragama di Indonesia,”ujarnya.

Sementara itu Wakil Rektor III (Dr. Rr. Rina Antasari, S.H., M.Hum.) UIN RAFAH Palembang mengatakan, Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2018, digelar tanggal 13-15 Agustus 2018 dan telah dibuka secara resmi oleh Rektor UIN Palembang tadi pagi. Adapun tema yang diangkat adalah “Mewujudkan Mahasiswa Nasionalis, Kreatif, Religius dan Intelektual Dalam Rangka Menyongsong Bonus Demografi”.

“PBAK adalah kegiatan penting bagi mahasiswa baru (MABA) akan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan, jadi silakan ikuti dengan baik rangkaian acara yang telah dijadwalkan,”pungkasnya.

Tercatat sebanyak 4336 mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 yang tersebar di 9 Fakultas yaitu Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) 1.563 orang, Syariah dan Hukum Islam (FSHI) 651 orang, Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) 610 orang, Dakwah dan Komunikasi (FDK) 537 orang, Ushuluddin dan Pemikiran Islam (FUSPI) 327 orang, Adab dan Humaniora (FAHUM) 261 orang, Saintek (FST) 134 orang dan Fakultas Psikologi (FSI) 162 orang, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 91 orang.  ujar Warek III.
Selain Ruchman Basori (Kemenag RI) tampil juga beberapa pembicara lainnya, yakni dari kementerian Tenaga Kerja RI dan dari Wakil Rektor III UIN Raden Fatah Palembang yang menjadi nara sumber acara di PBAK NKRI 2018 di kampus UIN Raden Fatah Palembang.
—-
Diseminasi (Bahasa Inggris: Dissemination) adalah suatu kegiatan yang ditujukan kepada kelompok target atau individu agar mereka memperoleh informasi, timbul kesadaran, menerima, dan akhirnya memanfaatkan informasi tersebut, untuk orangnya disebut Diseminator.

Editor : Wawan Hasbuan

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA