Gambar_Langit Gambar_Langit

Gandeng KPK Upaya Pemkot Palembang Optimalkan Sektor Pajak

waktu baca 2 menit
Kamis, 27 Sep 2018 19:22 0 109 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Adlinsyah Malik Nasution, menghadiri Sosialisasi Optimalisasi Penerimaan Pajak Daerah Kamis (27/9).

Dalam kesempatan ini Adlinsyah mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Pengelolaan Pajak Daerah Kota Palembang. “Apa yang sudah disampaikan oleh pak Wali itu sudah bagus tentang Optimalisasi, kita berfikirnya kedepan bagaimana mengoptimalkan penerimaan Pajak Daerah,” kata Aldinsyah

Dijelaskan Adlinsyah, ada 5 wewenang dari Komisi Pemberantasan Korupsi yang kesemuanya ini bermaksud untuk memperbaiki Bangsa dan Negara.

“Jadi perlu diketahui bersama oleh bapak-ibu sekalian berdasarkan UU no 30 tahun 2005 bahwa KPK punya 5 kewenangan, Koordinasi, Supervisi, Pencegahan, Penindakan dan Monitoring, kesemuanya ini untuk mencegah penyimpangan keuangan Negara,” ungkap Aldinsyah

Sementara itu, Walikota Palembang Harnojoyo memuji capaian yang sudah dilakukan oleh Badan Pengelolaan Pajak Daerah Kota Palembang

“ini luar biasa apa yang dilakukan oleh Badan Pengelolaan Pajak Daerah sebelum nya kita menargetkan penerimaan Pajak ini 75% dan muncul 73% ini sudah luar biasa,” kata Harno

Harno menegaskan, kemandirian suatu daerah itu diukur dari keberhasilanya dari sektor Pendapatan Asli Daerah, sehingga ketergantungan Pemerintah Kota Palembang kepada Pemerintah Pusat bisa dikurangi, dan itulah kemandirian.

“Kalau ukuran nya seorang anak, mandiri itu kalau dia tidak meminta uang lagi kepada orang tuanya, begitu juga kalau Pemerintah daerah, jadi bapak ibu jangan ragu membayar pajak karena apa yang bapak ibu berikan ke pemerintah akan kembali ke bapak ibu dalam bentuk Pembangunan,” ungkap Harno.

Ditempat yang sama, Ketua Badan Pengelolaan Pajak Daerah (BPPD) Kota Palembang, Sinta Raharja mengatakan bahwa tingkat kepatuhan wajib pajak di Kota Palembang cukup tinggi dan kedepan akan lebih di Optimalkan lagi.

“Ada 11 sektor pajak yang di kelola, mulai dari pajak hotel sampai ke Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), penerimaan pajak di kota Palembang sudah meningkat, kedepan target kami tembus 1 triliun,” pungkasnya.

LAINNYA