Gambar_Langit Gambar_Langit

Ramai-ramai Bersihkan Sampah di Tepian Sungai Musi

waktu baca 2 menit
Minggu, 19 Agu 2018 22:11 0 111 Redaktur Pelita Sumsel

Palembang, Pelita Sumsel – Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, Balai Riset Perairan Umum Palembang, Pos PSDKP, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumsel dan Dinas Perikanan Kota Palembang melaksanakan Gerakan Bersih Serentak di pinggiran sungai musi, Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, minggu(19/8).

Kepala SKIPM Palembang, Sugeng mengatakan Gerakan Bersih Pantai, Laut tersebut di adakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia pada tanggal 19 Agustus 2018 jam 15.00 wib dan kenapa memilih Sungai Musi karena Sungai ini merupakan sungai utama dan sumber perairan utama bagi masyarakat Sumatera Selatan.

“Selain menjaga kelestarian alam, giat ini juga mendukung program pariwisata dan tentunya mendukung perhelatan Asian Games ke 18 di Palembang,”ungkapnya.

Sugeng menambahkan seperti arahan Menteri Kelautan dan Perikanan bahwa luas Indonesia didominasi oleh lautan dan perairan yang menjadi sumber kehidupan kita maka mari kita jaga kelestariannya dan hasil dari Gerakan ini didapatkan 169.1 kg sampah berbagai jenis sebanyak 40 Kantong.

“Dari sampah yang kita kumpulkan sore ini kita dapatkan 70 persen merupakan sampah plastik, botol minuman dan lainnya,” ujarnya.

Gerakan ini lanjut Sugeng, sebenarnya untuk merangsang dan menumbuhkan kesadaran pada masyarakat Sumsel umumnya dan Palembang agar lebih peduli terhadap Sungai Musi dan tidak membuang sampah di perairan.

“Kami tidak bisa melakukan ini sendiri, peran masyarakatlah yang kami harapkan untuk tidak membuang sampah sembarangan,”pungkasnya.

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA