Gambar_Langit Gambar_Langit

Sungai Dadakan di Tengah Jalan Negara

waktu baca 2 menit
Selasa, 22 Mei 2018 19:44 0 106 Redaktur Pelita Sumsel

Pagaralam, Pelita Sumsel – Jalan negara di Dusun Pagardin Kelurahan Pagar Wangi Kecamatan Dempo Utara Kota Pagaralam menjadi bagaikan sungai saat hujan lebat. Jalan yang digunakan menuju ke Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu menjadi langganan banjir, Selasa (22/5).

Menurut David Amral warga setempat, penyebab utama diduga kuat berasal dari SPAL yang tidak mampu menampung intensitas air saat hujan. Selain itu, SPAL sering berisi sampah dan menyumbat aliran air yang datang dari arah hulu dengan deras.
“Dusun Pagardin ini jalannya lurus dan menanjak, ketika hujan deras, pasti banjir menggenangi jalan. Bisa sampai setinggi 25 centimeter. Kami menduga, masalah utamanya ialah SPAL yang sempit,” kata dia.

Lanjut Amral, warga ingin agar saluran diperdalam dan diperlebar. Sebab, bangunan SPAL tersebut sudah puluhan tahun tidak pernah mendapat renovasi.
“Memang sudah pantas untuk diperbaiki, sebab sudah puluhan tahun. Selama puluhan tahun, jalan Pagardin banjir, padahal ini jalan negara, jalan lintas antar provinsi. Apabila usai banjir, sampah pasti berserakan ditengah jalan,” ujar dia.

Sementara itu, Suranto ketua RW 03 mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait mengenai permasalahan tersebut. Sebab, hampir disepanjang jalan di Pagardin tergenang banjir saat hujan.
“Kami akan koordinasikan keluhan masyarakat. Sebab bukan hanya masyarakat saja yang terganggu akibat banjir, pengendara baik roda dua maupun empat juga sangat terganggu saat melintas dan banjir deras,” katanya.

Suranto menambahkan, banjir ditengah bisa saja menimbulkan bahaya bagi pengendara, karena jalan tertutup air dan banyak sampah masuk jalan.
“Aspal jadi tak terlihat, jalan pun jadi licin berlumpur dan penuh sampah. Itu bahaya bagi pengendara, bisa berpotensi menyebabkan kecelakaan. Kami mengimbau agar pengendara berhati hati dalam melintas di dini, terutama ketika banjir,” ungkapnya. (Ar)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA