Gambar_Langit

Super Moon, Kemenag Sumsel Himbau laksanakan Sholat Khusuf

waktu baca 2 menit
Rabu, 31 Jan 2018 18:04 0 102 Redaktur Pelita Sumsel

Palembang, Pelita Sumsel -Gerhana bulan yang muncul 152 tahun sekali tepatnya 31 maret 1866 di dunia dan di indonesia paling cepat 19 tahun merupakan fenomena langkah, akan terjadi dan hari Rabu (31/01) malam, gerhana bulan akan terjadi di sebagian wilayah Indonesia, salah satunya di Kota Palembang.

Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan Kemenag Prov Sumsel) dalam rangka fenomena alam ini mengimbau masyarakat muslim untuk melaksanakan sholat khusuf atau sholat gerhana bulan.

“Mengingat, peristiwa alam ini adalah momen langka dan yang utama adalah bukti kekuasaan ALLAH SWT. Dengan begitu, diharapkan dapat meningkatkan keimanan dengan cara berdzikir,beribadah dan beramal saleh,” harapnya Kepada Rabu (31/01).

Ia mengatakan dalam melaksanakan sholat sunnah ini disesuaikan dengan kondisi daerahnya masing-masing. Pihaknya akan memberikan surat edaran setiap Kanwil Kemenag, KUA Kecamatan dan lain sebagainya untuk melaksanakan sholat sunnah.

Sementara itu Kabag Humas Kanwil Kemenag Prov Sumsel, Saefuddin mengatakan telah memetakan lokasi pelaksanaan sholat khusuf .

“Untuk  Kanwil Kemenag Sumsel, sholat Khusuf dipusatkan di Masjid MAN 3 Pakjo, Palembang. Juga dilakukan peneropongan hilal dimulai pukul 18.00 WIB sampai selesai,” katanya.

Pelaksanaan sholat khusuf bersifat umum siapapun boleh ikut, juga masyarakat di sekitar, siswa madrasah dan akan dihadiri oleh Kakanwil Kemenag dan jajaran. Untuk peneropongan hilal atau memantau pergerakan gerhana bulan ini tidak akan melibatkan pihak luar. Dengan kata lain, Kemenag akan melakukannya sendiri.

“Peneropongan hilal ini cuma dilakukan Kemenag, karena bukan penetapan awal Ramadan atau awal Syawal,” tutupnya. (Yf)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA