Home / DAERAH / LAHAT / Melalui Demplot Kopi Harapkan Produksi Kopi Lahat Meningkat
PT. Pusri adakan Temu Tani di Lahat, Senin (20/11/2017)

Melalui Demplot Kopi Harapkan Produksi Kopi Lahat Meningkat

Lahat, Pelita Sumsel – PT. Pupuk Sriwijaya (PT. Pusri) luncurkan demplot kopi di Kabupaten Lahat dan pendampingan kawaian teknologi bagi petani kopi di Kabupaten Lahat (20/11). Melalui Gerakan Peningkatan Produksi Pangan Berbasis Korporasi (GP3K), Pusri akan menggarap demplot seluas total 2 hektar di kecamatan Kota Agung dan Kecamatan Gumay Ulu Kabupaten Lahat. Pada demplot tersebut akan deperlihatkan secara langsung penerapan teknologi pertanian yang telah terbukti meningkatkan hasil produksi pertanian khususnya kopi.

Pusri menggandeng Pusat Peneiitian Kopi dan Kakao Indonesia (PUSLITKOKA) untuk memberikan edukasi kawaian teknologi tentang cara budidaya tanaman kopi mulai dari semai tanaman, pengelolaan tanah, penanaman. pemeliharaan dan perawatan tanaman dan tentu saja cara memanen yang baik.

Selain memberikan budi daya tanaman kopi yang baik kepada petani, edukasi penggunaan pupuk dengan dosis berimbang dan pemanfaatan produk-produk inovasi pusri untuk meningkatkan produktivitas tanaman kopi, yaitu pupuk mikro Nutremag yang cocok dIgunakan pada tanah masam, pupuk hayati Bion’pah yang telah diuji dan bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi pemupukan serta ramah lingkungan. serta pupuk Pusri Organik Cair yang dapat memperbaiki kondisi tanah dan meningkatkan hasil panen.

Selain demplot, Pusri juga meluncurkan Klinik Tani dan Mantri Tani untuk memberikan pelayanan terbaik dan profesional kepada petani melalui pemberian edukasi terkait budidaya tanaman serta penanganan permasalahan pupuk dan hama dan penyakit tanaman. Lahat menjadi Kabupaten pertama di Sumatera Selatan yang dijangkau oleh Klinik Tani dan Mantri Tani setelah Klaten dan Boyolali.

Acara temu petani kopi dihadiri oleh Bupati Lahat, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lahat, Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Lahat, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Lahat, Kepala KP3 Kabupaten Lahat, Koramil, Kapolsek Kota Agung, PT PAL, Distributor. Direksi beserta jajaran manajemen PT Pusri Palembang.

Mulyono Prawiro Direktur PT. Pusri dalam kata sambutannya mengucapkan, terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Lahat atas suport dan kerjasamanya sehingga acara ini dapat diberlangsungkan di Kabupaten Lahat.

“Kegiatan temu tani ini suatu upaya untuk mendukung kwalitas dan produktivitas tanaman kopi. Melalui kegiatan ini kami berharap pendapatan para petani semakin meningkat,” harapnya.

Sementara itu dalam kata sambutan yang disampaikan oleh Bupati Lahat H. Aswari Riva’i mengatakan, untuk produktifitas Kopi di Kabupaten Lahat mencapai 60 Ton pertahun dengan lahan seluas 14.600 hektare. Diharapkan Aswari dengan kegiatan ini menambah ilmu bagi petani yang ada di Kabupaten Lahat.

“Insya Allah dengan kerjasama petani kita dengan PT. Pusri akan menghasilkan yang baik untuk petani kopi di Kabupaten Lahat. Sekali lagi terima kasih, kepada pihak PT. Pusri yang sudah datang di Kabupaten Lahat. Saya mengajak mari kita tingkatkan kwalitas kopi di Kabupaten Lahat dengan menggunakan pupuk dari PT. Pusri,” pungkasnya. (Darmawan).

Advertisement
Bagikan Ini Di :