Home / DAERAH / Gorong Gorong Zaman Belanda Sebabkan Jalur Lahat Pagaralam Terputus

Gorong Gorong Zaman Belanda Sebabkan Jalur Lahat Pagaralam Terputus

LAHAT, Pelitasumsel – Gorong gorong yang dibuat pada jaman Belanda tersumbat sebabkan jalan nasional yakni jalan Lintas Kabupaten Lahat-Kota Pagaralam putus total.

Terpantau, Jalan lintas tepatnya di Desa Jati, Lahat yang amblas diperkirakan lebih kurang sepanjang 20 Meter dengan kedalaman 30 Meter.

Kejadian putusnya jalan ini diketahui Dini Hari, Sabtu (02/02/2019) sekira pukul 02.00, petugas kepolisian yang mengetahui adanya bencana alam ini langsung menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP, red) dan langsung melakukan pengamanan serta pemasangan rambu himbauan kepada pengendara kendaraan bermotor.

Warga setempat dibantu Polri, TNI serta unsur pemerintah Kabupaten Lahat langsung melakukan koordinasi dengan pihak terkait lainnya untuk segera melakukan tindakan perbaikan.

Untuk membantu warga Desa sebelah beraktifitas seperti pergi ke kebun, maupun warga yang sehari harinya bekerja sebagai penambang baru aparat Polri dan TNI dibantu warga setempat membuat jalan alternatif.

Bupati Lahat Cik Ujang SH didampingi Kapolres Lahat AKBP Ferry Harahap SIK serta Dandim 0405 Letkol Sungudi mengatakan bencana ini sudah di kordinasikan dengan Balai Besar Palembang untuk segera ditindak lanjuti.

“Kita sudah koordinasi dengan balai besar palembang, dan alat untuk perbaikan jalan berupa gorong gorong sudah meluncur ke Lahat,” Sampai Cik Ujang.

Sementara, Kapolres Lahat menjelaskan kepada pengendara yang biasa melalui jalur longsor ini bisa mengambil jalur alternatif melalui jalan Gumai Ulu.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Polres Pagaralam untuk memasang rambu himbauan agar melalui jalur alternatif yakni Simpang Mbacang menuju jalur Gumai Ulu. Begitupun petugas lalu lintas kita, sudah berjaga di jalur Muara Siban yang nantinya pengendara kita arahkan melalui jalur Gumai bila hendak ke Pagaralam,” Ujar Ferry.

Lebih lanjut, Ferry menghimbau agar kepada pengendara untuk tetap berhati-hati karena mengingat musim penghujan, selain jalanan licin di wilayah Lahat sendiri menuju ke Pagaralam melalui perbukitan dan memang rawan longsor.

“Tetap jaga keselamatan, berhati hati di jalan apalagi ini musim penghujan mengingat dari Lahat ke Pagaralam merupakan daerah perbukitan, potensi longsor pada musim hujan bisa terjadi kapan saja. Tetap waspada dan berhati hati, ” Pungkasnya. (WWN)

Advertisement
Bagikan Ini Di :