Gambar_Langit Gambar_Langit

Puncak HKN, Dinkes OKUT Lakukan ini

waktu baca 2 menit
Minggu, 19 Nov 2017 15:42 0 138 Redaktur Pelita Sumsel

Pelita Sumsel, Martapura – Dinas Kesehatan OKU Timur melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53. Sebelumnya pada Rabu, (15/11). Dinkes OKU Timur telah melaksanakan Upacara untuk memperingati HKN, Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi saat itu langsung bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Untuk hari ini, Minggu (19/11) merupakan puncak dari peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-53 di Kabupaten OKU Timur dengan diisi kegiatan menarik. Mulai dari jalan sehat hingga berbagai perlombaan dalam rangka promosi kesehatan untuk mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

 

Tampak Wakil Bupati OKU Timur Fery Antoni didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr Erly Yani MM Kes, serta Unsur Muspida langsung memimpin kegiatan jalan sehat yang di mulai star dari Tugu Tani menuju ke Taman Tani Merdeka Martapura.

 

Feri Antoni SE, dalam sambutannya menyampaikan, agar apa yang menjadi cita-cita dari peringatan Hari Kesehatan Nasional dengan mengusung tema “Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku” dapat diimplementasikan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

 

“Tentunya pemerintah berharap kepada masyarakat untuk dapat memaknai dan menerapkan pola hidup sehat serta bersama-sama. Agar nantinya apa yang menjadi tujuan dari program Germas ini dapat terpenuhi. Dengan masyarakat yang sehat diharapkan mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” ujar Wakil Bupati.

 

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan OKUT dr. Erly Yani MM Kes, saat dibincangi awak media menuturkan, bahwa momentum peringatan HKN ini, selain sebagai sarana mempererat tali silaturahmi di lingkungan instansi yang dipimpinnya, juga sebagai sarana promosi dan kampanye dalam mensosialisasikan Germas kepada masyarakat.

 

“Rangkaian HKN ini kita laksanakan mulai dari awal November hingga puncaknya hari ini. Diantaranya menggelar operasi katarak, pengobatan gratis, deklarasi buang air besar yang sehat, jalan sehat, gerakan makan buah, senam pagi bersama, lomba masakan sehat dan lomba cuci tangan pakai sabun serta beberapa kegiatan lainnya,” ujarnya.

 

Dirinya pun memaparkan, melalui rangkaian kegiatan ini diharapkan menjadi langkah dalam meningkatkan standar pelayanan minimal kepada masyarakat OKU Timur. Adapun indikator pemenuhan SPM, terdiri dari 12 poin diantaranya meliputi pelayanan kesehatan Ibu Hamil, Ibu Melahirkan, Bayi Baru Lahir, Balita, Usia Pendidikan Dasar, Usia Produktif, Usia Lanjut, Penderita Hypertensi, Penderita Diabetes Melitus. “Orang Dengan Gangguan Jiwa Berat, Orang Dengan TB dan Orang Dengan Resiko Terinfeksi HIV. Target kami di tahun 2018 nanti bisa tercapai, InsyaAllah 100 persen,” tambahnya. (fah)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA