Gambar_Langit Gambar_Langit

Berjuang Untuk Kenalkan Bahasa Isyarat

waktu baca 1 menit
Sabtu, 11 Nov 2017 14:25 0 148 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Demi perjuangan mengangkat kaum disable terutama tuna rungu dan mensosialisasikan Bahasa Isyarat Indonesia (Basindo), Dinas Sosial Sumsel dan Gerakan Kesejahtera Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Sumsel bekerjasama dengan laboratrium Riset Bahasa Isyarat Universitas Indonesia dan the Nippon Foundation mengelar kegiatan seminar dan sosialisasi bahasa isyarat di Aula Dinsos Sumsel Sabtu (12/10).

Dalam seminar ini diikuti mahasiswa dari perguruan tinggi di palembang dengan pembicara mumpuni yaitu, dari UI ada DR FX Cahyono, Ketua Departemen PIB UI, Indah Sari, Ketua Komunitas  Bahasa Isyarat Palembang, Ketua Gerkatin Sumsel, Iwan Oktariano Lubis, dan 3 orang peneliti bahasa Isyarat dari UI.

Plt Kadinsos Sumsel, Belman Karmuda saat membukan kegiatan mengatakan ini adalah upaya memperkenalkan bahasa isyarat  menyetarakan kaum disabiltas hak untuk medapat pendidikan, pekerjaan, akses-akses umum.

” Disini hadir tim ahli bahasa isyarat  dari UI yang memberikan pengetahuan lebih tentang Basindo,” Ujar Pembina Gerkatin ini.

Diharapkan, lanjut Belman, ada kepedulian dari stakeholder, baik pemerintah, swasta, dunia pendidikan dan masyarakat umumnya kepada kaum disable.

“Kita terus lakukan sosialisasi Basindo, Perkembangan Basindo di Sumsel karena terus di sosialisasi sudah cukup populer, ini dinsos sumsel dan gerkatin rutin melakukan pelatihan basindo,” ungkapnya. (YF)

LAINNYA