Gambar_Langit Gambar_Langit

BPS Sumsel; Kembali Riliskan Statistik Ekonomi di Sumsel.

waktu baca 2 menit
Rabu, 1 Nov 2017 15:13 0 109 Redaktur Pelita Sumsel

be, Pelita Sumsel – Badan Pusat Statistik Prov. Sumatera melalui kepala dinas dan para pejabat BPS Sumsel hari ini Rabu (01/10/2017), berlokasi di kantor BPS Sumsel.

Setelah bersama – sama mendengarkan video pennjelasan dari BPS Pusat, seperti biasanya BPS Sumsel kembali meriliskan berita tentang statistik yang ada di Sumatera Selatan.

“Untuk di bulan Oktober ini terjadi Inflasi harga – harga dimana terjadi di dua bulan belakangan ini terjadi Deflasi, dimana terjadinya inflasi yang terjadi kali ini sekitar 0,08% untuk dibulan Oktober,”ujar Yos Rudiansyah Selaku Kepala BPS Provinsi Samatera Selatan.

Lebih lanjut Yos mengatakan, untuk Inflasi dua bulan sebelum akhir tahun yakni bulan November dan Desember sepertinya masih akan tetap terkendali untuk informasi inflasi ini. Kita mencatat tahun kalender dari bulan Januari sampai Oktober angkanya kecil yakni 1,39%.

“Jadi apabila yang menjadi target pemerintah 3% s/d 5% intinya masih tetap terkontrol dan bagus untuk semua pihak baik untuk Konsumen maupun Produsen. Mudah – mudahan ini akan tetap terjaga sampai akhir tahun, meskipun di akhir tahun ada yang namanya siklus musiman adanya Natal dan Tahun Baru mudah – mudahan tetap terjaga sehingga untuk keseluruhan satu tahun angka – angka Inflasi di Sumatera Selatan Relatif kecil,” harapnya.

Lanjut Yos Rudiansyah masih menambahkan, untuk di komuditas lainya seperti Ekspor dan Impor untuk di Sumsel terjadi kenaikan sekitar 17% untuk dibulan September ini yakni komuditas Karet, Sawit dan Kayu. Sedangkan untuk komuditas Impor sendiri mengalami penurunan sekitar 24% untuk Impor yang dilakukan Sumsel adalah Mesin dan Mekanik serta Pupuk yang di impornya.

“Kemudian untuk komoditas Pariwisata dan Transportasi Wisman dibulan September mengalami penurunan dibanding dibulan sebelumnya menjadi 13% itu sekitar 927 Orang. Wisman ini adalah masyarakat luar negeri yang langsung terbang ke SMB II,”katanya.

Kemudian untuk di komuditas selanjutnya yakni Nilai Tukar Petani di bulan Oktober 2017 naik 0,41% dan terakhir komuditas Industri Besar Sedang dan Industri Mikro Kecil. Baik industri Besar Sedang maupun Industri Mikro Kecil untuk Yir On Yirnya cukup baik untuk Industri Besar Sedang naik 0,49% sedangkan Industri Mikro Kecil naik 65,6%,”pungkasnya. (Dd)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA