Manfaatkan Medsos dengan Bijak, Jangan Termakan Berita Hoax

waktu baca 3 menit
Jumat, 31 Mar 2017 16:58 0 66 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Pemuda merupakan generasi penerus Bangsa, semakin baik pemuda maka masa depan bangsa akan cemerlang. Ditengah-tengah perkembangan tehnologi yang cepat terutama perkembangan media sosial (Medsos) harus di sikap dengan cerdas bagi pemuda.

Wakil Ketua KNPI Kota Palembang, Aknan Khairullah menyampaikan bahwa pemuda harus menyikapi perkembangan dunia medsos dengan bijak dan dewasa, di tambah saat ini informasi bisa di dapat di mana saja

“Medsos yang tidak dapat di bendung perkembangannya harus di sikap dengan bijak bagi pemuda, terlebih sekarang maraknya penyebaran berita bohong atau lebih sering disebut hoax di media sosial (medsos) membuat para pengguna aktif medsos harus lebih berhati-hati dan cerdas dalam bermedia,” jelasnya Saat Seminar HMI PGRI Palembang di di Aula Perpustakaan Universitas PGRI dengan mengusung tema “Pemuda Cerdas Dalam Bermedia”, Jumat (31/03).

 

Baca juga :

– Tuntut Janji Kampanye, HMI Oku Timur Tanam Padi Di Jalan Belubang

– HMI Palembang Cari Pemimpin Berintegritas

 

Aknan Juga mengatakan selain itu, Medsos juga mampu di pergunakan secara baik bagi pemuda untuk mengeksplorasi diri, Misalnya Dunia politik atau dunia ekonomi, Medsos mampu menjadi tempat pengenalan individu maupun produk yang akan di ketahui Nitizen  (penguna Medsos)

Sementara itu, IndaH Dian Permata, presenter salah satu tv swasta di Palembang yang juga salah satu pemateri juga mengatakan, pengaruh media sosial bagi pemuda saat inilah sangatlah besar bahkan bisa memjadi candu jika tidak bijak dalam pengaplikasiannya.

“Kita sebagai pemuda harus cerdas bermedia dan jangan hanya fokus pada dunia maya saja sehingga melupakan dunia yang nyata,” ungkap dara kelahiran lubuk linggau 21 tahun silam.

Bagi Masyarakat, sambung Indah terutama pemuda bisa bijak dalam penggunaan medsos dan lebih selektif dalam menerima informasi yang didapatkan.

 

Baca juga :

– Ketum PBHMI : 10 Komitmen HMI Terhadap Ke Islaman Dan Kebangsaan

– Ahok Hina Al Maidah Ayat 51, KAHMI Keluarkan Lima Butir Pernyataan Sikap

 

“Dampak positifnya kita bisa menyambung tali silaturahmi dan tidak buta akan pekembangan informasi baik dari segi politik, pendidikan entertainment dan banyak lagi tetapi kita juga harus memfilter informasi yang diterima agar tidak menimbulkan permasalahan,” urainya.

Senada, Yuzer Nasron, dari Hipka Sumsel mengatakan ¬†memberikan arahan dan membuka pikiran pengguna medsos agar lebih cerdas dalam menerima dan menyebarluaskan informasi yang diterima, dari sisi ekonomi perkembangan dunia medsos sangat menguntungkan bagi pelaku usaha karena semakin variatif untuk “menjajakan” Dagangannya.

“Medsos jika di gunakan dengan positif, pemuda kreatif harus melihat peluang ini bisa dimanfaatkan untuk media berjualan. Jangan sampai medsos itu digunakan untuk Hal yang tidak bermanfaat, membuka situs yang tidak baik,” Katanya. (zp19)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA