Gambar_Langit Gambar_Langit

Semangat Bersama Lakukan Inovasi Capai Sumsel Gemilang

waktu baca 3 menit
Senin, 13 Feb 2017 08:33 0 93 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel — Pelaksana tugas Sekretaris Daerah provinsi Sumatera Selatan Joko Imam Sentosa menghadiri dan membuka langsung Rapat teknis Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga dan Tata Ruang provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), dalam rangka sinkronisasi program kegiatan kebinamargaan provinsi Sumsel di Lantai 3 Operation Room Dinas PU Bina Marga dan tata ruang prov.Sumsel Senin (13/02).

Adapun rapat teknis ini menguraikan tantangan strategis dalam pengembangan pembangunan infrastruktur di Sumsel antara lain,  pemenuhan kebutuhan prasarana jalan yang berbasiskan pada tata ruang dan berwawasan lingkungan, mempertahankan peran dan fungsi prasarana jaringan jalan sebagai pengungkit dan pengunci dalam pengembangan wilayah dan memenuhi kebutuhan aksebilitas kawasan potensial,  meningkatnya potensi kendaraan bernotabense besar menyebabkan percepatan kerusakan jalan dan jembatan meningkat.

Menyikapi hal demikian, Joko Imam Sentosa menguraikan Dinas merupakan unsur pelaksana yang dimana unsur pelaksana adalah tangan kanan Gubernur, Bupati/Walikota, tentu saja sebagai unsur pelaksana tugas-tugas lini memang kewenangannya menjadi lebih besar. mengenai tata ruang itu sendiri hampir semua berkaitan dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sebab tata kelola ruang menyangkut aspek-aspek seperti  lingkungan, demografi, topografi, dan biografi.

Dinas PU Bina Marga adalah Dinas PU yang paling strategis dari tiga Dinas PU, sebab poros  pekerjaan umum itu ada di bina marga apalagi ditambah dengan kelola tata ruang, sudah pasti apa yang dikerjakan itu merupakan potensi yang sangat luar biasa. APBN dan APBD yang paling besar menyerap dana adalah PU Bina Marga oleh karenanya dengan menyikapi kondisi yang sedang tidak menentu ini, rapat teknis ini menjadi strategis dan sangat penting dilakukan sehingga tercipta persamaan persepsi dalam pengembangan pembangunan di Sumsel.

“Saya berharap dengan pengembangan tugas baru tata ruang, dalam menatap Sumsel jauh lebih baik, dan Saya yakin kalau dengan semangat bersama, melalui rapat strategis ini,  diharapkan kedepanya melakukan inovasi,” harapnya.

Adapun Kepala Dinas PU Bina Marga dan Tata Kelola Ruang provinsi Sumsel Dr Ir H Syamsul Bahri MM, menambahkan, rapat teknis ini bertujuan  antara lain, mewujudkan persamaan persepsi terhadap program pembangunan baik dibidang kebinamargaan sesuai kebijaksanaan pembangunan provinsi Sumsel, serta hasil kesepakatan rapat teknis ini akan dijadikan bahan penyusunan rencana kerja Dinas PU Bina Marga dan Kelola Tata Ruang provinsi Sumsel tahun 2018 mendatang.

“Dengan diadakanya rapat teknis ini diharapkan Kabupaten Kota dapat mensinkronisasikan program-program sesuai arah kebijaksanaan pembangunan, serta mempersiapkan pemenuhan kebutuan teknis sesuai program pembangunan 2018,” terangnya

Menyikapi mekanisme kebutuhan anggaran yang semakin besar dalam penanganan jalan dan jembatan menjadi tantangan tersendiri yang harus disikapi bersama, untuk itu peluang dana selain APBD harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Banyak hal yang masih harus kita kejar guna mewujudkan Sumsel lebih maju dan berdaya saing internasional 2018 nanti, maka dari itu perlu kematangan untuk meraihnya” tegasnya. (rill)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA