Gambar_Langit Gambar_Langit

Maksimalkan Target Pajak, Bapenda Sumsel dan BNI Luncurkan E-samsat

waktu baca 3 menit
Rabu, 26 Jul 2017 20:58 0 101 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel-Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Selatan rencananya akan  menjalin kerjasama dengan Bank BNI Cabang Palembang untuk meluncurkan program pelayanan E-samsat demi mencapai raihan target pajak kenderaan bermotor (PKB).

Kepala Bapenda Provinsi Sumsel  H.Marwan Fansuri S.Sos MM didampingi H.Shofyan Aripanca KUPTB PUSLIA dan Herryandi Sinulingga .Ap KUPTB PLG II Jakabaring saat diwawancarai awak media usai Acara  Bank BNI melaksanakan Penawaran Kerja sama dengan Bapenda Prov Sumsel 25/07  menyatakan pihaknya telah memiliki berbagai pelayanan seperti, Samsat Keliling, Samsat Corner, Payment Point dan Samsat Kelurahan. Namun, pihaknya terus mencari inovasi pelayan baru untuk mempermudah masyarakat membayar pajak kendaraan baik roda dua roda tiga maupun roda empat.

“Ya, saat ini masih dilakukan penjajakan bersama BNI Cabang Palembang. Memang targetnya jika program E-Samsat   melalui program ini dapat dirasakan hingga pelosok desa,” ujar Marwan, dikantornya Selasa (25/7/2017).

Marwan juga mengatakan, sebenarnya selama ini masyarakat sudah sadar untuk membayar pajak kendaraannya. Tetapi, misalnya yang jauh di pelosok desa ini tetap merasa kesulitan untuk membayar karena masih terlalu jauh maka inovasi kita buatkan dengan mendekatkan layanan bagi wajib pajak khususnya kenderaan bermotor.

“Karena  pada umumnya warga yang berada di desa ini karena tinggalnya jauh jadi malas. Namun, jika nanti dengan BNI ini berjalan sesuai yang direncanakan dan bisa diluncurkan, masyarakat bisa membayar di bank,selain bank sumsel babel sekarang kita jejaki penawaran kerja sama yang dilakukan bank BNI terlebih BNI ini tersebar hingga pelosok-pelosok desa,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, Berbeda dengan di kota, masyarakat dengan mudah melakukan pembayaran jika menggunakan pelayanan E-Samsat, sebab masyarakat juga sudah menggunakan Ponsel yang canggih. Dengan sistem ini, masyarakat dapat membayar pajak lewat Ponsel melalui aplikasi secara online.

“Intinya, kami menyambut baik untuk kerja sama dengan pihak BNI Cabang Palembang. Dengan adanya tambahan layanan  ini kami mengharapkan pendapatan daerah (PAD) akan bertambah dan pembayaran pajak menjadi lebih mudah, tentu masyarakat dapat sangat terbantu,”pungkasnya.

Ditempat yang sama kepala Cabang Bank BNI Palembang, Jani Satriadi, mengatakan, penjajakan kerja sama ini sebelumnya sudah melakukan audiensi kepada Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan kali ini pihaknya melakukan pemaparan kembali terhadap Bapenda Sumsel, Jasa Raharja dan Ditlantas Polda Sumsel. dalam pemaparan kami pihak BNI seluruh stake holder samsat hadir baik jajaran Kepolisian Dirlantas Polda sumsel yang diwakili oleh kasubdit ditlantas polda sumsel AKBP DONI,SIK, Kasi STNK ditlantas polda sumsel Kompol Irwan andeta Sik, dari pihak Jasa raharja Rafiee kasi jasaraharja dan Kepala bapenda H.marwan Fansuri bersama 21Kepala UPTB bapenda sesumsel.

“Memang program E-Samsat ini sangat bermanfaat. Bahkan, program ini sudah banyak diterapkan oleh beberapa provinsi di Indonesia, seperti di Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta dan lainnya,” urainya.

Ia juga mengungkapkan, dengan program tersebut nantinya bagi masyarakat yang ingin mem­bayar PKB menjadi lebih mudah dan tak perlu antri. Namun, keputusannya belum diputuskan karena hasil dari pertemuan kali ini akan kembali dilakukan untuk membahas masalah tekhnisnya.

“Kita harap nanti setuju untuk kerja sama ini dan disini kita sebagai partner dari Bapenda Provinsi Sumsel dalam mempercepat pembangunan Sumsel,” tegasnya. (ril)

LAINNYA