google.com, pub-7038109890683561, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Pj Gubernur Pimpin Apel dan Simulasi  Mitigasi Bencana  Banjir di Provinsi Sumsel

waktu baca 2 menit
Rabu, 23 Okt 2024 18:53 0 3 Redaktur Romadon

Palembang, Pelita Sumsel – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel)  Elen Setiadi, S.H., M.S.E memimpin langsung Apel dan Simulasi Mitigasi  Bencana Banjir di Provinsi Sumsel bertempat Halaman Shooting Range Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Rabu (23/10/2024).

Dalam apel gabungan yang melibatkan TNI/Polri, Pol Pp, dan Instansi terkait tersebut, Pj Gubernur Elen mengatakan,  Sumsel baru saja mengalami masa-masa yang cukup berat yang menyita banyak waktu, tenaga, pikiran dan perhatian untuk menanggulangi bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

“Berakhirnya musim kemarau yang berpotensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan ini adalah kabar baik bagi kita semua,” katanya.

Namun lanjut Elen, pasca  musim kemarau, saat ini Sumsel memasuki musim penghujan dengan curah yang tinggi. Karena dibutuhkan persiapan  akan dampak yang ditimbulkan  seperti bencana banjir dan tanah longsor.

“Hari ini kita bersama disini adalah salah satu bagian dari upaya pencegahan dan kesiapsiagaan bencana,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, mitigasi untuk mengurangi resiko terjadinya bencana perlu dilakukan dengan  penyiapan peralatan dan personil untuk kesiapsiagaan menghadapi bencana dan simulasi untuk meningkatkan kemampuan personil serta uji fungsi dari peralatan yang ada.

“Banyak yang harus kita lakukan seperti perbaikan kondisi lingkungan memperbaiki fungsi daerah atau wilayah resapan air, daerah aliran sungai, atau daerah lereng perbukitan yang gundul atau kritis dan lainnya,” ungkapnya.

Elen menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan kontribusi seperti dukungan personil dan peralatan dalam penanganan bencana di Sumsel.

“Kita gelar apel sekaligus dapat melaksanakan uji fungsi dari kemampuan personil dan kesiapan peralatan kita masing-masing, sehingga dapat menjadi bahan evaluasi apa yang menjadi kekurangan untuk dapat kita sempurnakan lagi,” pungkasnya.

 

LAINNYA