Gambar_Langit Gambar_Langit

Pj Bupati OKI Dianugerahi UHC Award karena Cover 97 Persen Warganya Lewat JKN-Kes

waktu baca 2 menit
Sabtu, 10 Agu 2024 23:11 0 27 Redaktur Romadon

 

OKI, Pelita Sumsel – Komitmen kuat Pemkab OKI untuk memberikan jaminan kesehatan secara luas bagi warganya diganjar penghargaan Universal Health Coverage (UHC).

Penghargaan tersebut diraih, lantaran lebih dari 97.93 % atau 763. 773 jiwa dari 779.894 penduduk Kabupaten OKI sudah terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) – Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Piala penghargaan UHC diterima secara langsung oleh Pj. Bupati OKI, Asmar Wijaya dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin, di Krakatau Grand Ballroom TMII – Jakarta Timur, Kamis (8/8/2024).

Asmar menuturkan, penghargaan tersebut merupakan bentuk komitmen Pemkab OKI untum mendukung program JKN KIS dlm upaya memberikan pelayanan kesehatan yg berkualitas kpd masyarakat serta dapat dg mudah diakses oleh msyatakt tanpa adanya hambatan finansial

“Menjadi pemicu semangat bagi seluruh jajarannya untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya pada aspek kesehatan melalui JKN,” terangnya.

Tercapainya jaminan kesehatan semesta bagi warga OKI terang dia berkat dukungan DPRD, OPD dan entitas terkait lainnya.

“Pencapaian UHC ini juga diiringi dengan peningkatan kualitas layanan seperti ketersediaan sarana, prasarana, serta Sumber Daya Manusia (SDM) fasilitas kesehatan, baik milik pemerintah maupun swasta. Agar masyarakat kian merasakan layanan JK-KIS,” Ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten OKI, H. Iwan Setiawan, menyebutkan, berdasar data BPJS Kesehatan OKI, tercatat per tanggal 1 Agustus 2024, Capaian UHC di Kabupaten OKI sebanyak 97.93 %

“Artinya, Kabupaten OKI telah melampaui target UHC yang ditetapkan sebesar 95 %. Ini menjadi momen kami untuk terus berkomitmen meningkatkan kepedulian untuk menjamin kesehatan masyarakat,” ucap Iwan.

Iwan juga bertekad untuk meningkatkan sejumlah fasilitas untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Mulai dari ketersediaan obat di semua fasilitas kesehatan, hingga pelayanan BPJS Kesehatan sesuai dengan kelas-kelasnya.

“Kita terus memastikan fasilitas dan layanan kesehatan berjalan dengan baik sehingga orang yang sakit datang sesuai dengan kelasnya,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Presiden RI KH Maruf Amin dalam sambutannya meminta kepada seluruh Kepala Daerah di tanah air agar memastikan tersedianya fasilitas kesehatan yang berkualitas. Baik dari kemudahan akses layanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya yang berada di perbatasan atau kepulauan.

“Saya mengapresiasi atas dedikasi dan komitmen tinggi Kepala Daerah dalam mewujudkan UHC dengan cakupan perlindungan kepesertaan JKN, minimal 95 persen dari total penduduk. Saya harap, penghargaan ini data jadi motivasi bagi semua pemangku kepentingan dalam mengoptimalkan pelayanan kesehatan yang terjangkau, berkualitas dan merata bagi seluruh masyarakat,” ucapnya.

Lebih lanjut, Wapres berpesan kepada Kepala Daerah agar terus memperluas jangkauan UHC hingga 100 persen.(bibah andi)

LAINNYA