Gambar_Langit Gambar_Langit

Cegah Anak Stunting, HD Launching Gerakan Pamantauan Tumbuh Kembang Balita Se-Sumsel

waktu baca 2 menit
Kamis, 13 Jul 2023 22:47 0 221 Redaktur Romadon

 

Palembang, Pelita Sumsel – Suasana  berbeda terlihat dari wajah para balita saat  lagu  “Aku Anak Sehat” dinyayikan  Gubernur Sumsel H Herman Deru  pada Launching Gerakan Pamantauan Tumbuh Kembang Bayi/Balita Secara Serentak Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2023 dan Penganugerahan Lomba Balita Indonesia di Mall PIM Palembang, Kamis (13/7).

Puluhan anak ada yang ikut bernyanyi dengan cerianya dengan didampingi  para orang tua.

Gubernur Herman Deru dalam sambutannya menggucap syukur karena dapat melanching  Gerakan Pamantauan Tumbuh Kembang Bayi/Balita Secara Serentak Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2023 dengan melibatkan Posyandu tersebar di 17 Kabupaten/kota.

 

 

“Bersyukur kita pagi hari ini kita bersama-sama mengingatkan kepada seluruh orang tua se Sumsel khususnya yang punya anak balita. Ada 6.000 poysandu kita lakukan gerakan pamantauan tumbuh kembang Bayi/Balita secara serentak Tingkat Provinsi Sumsel,” kata Herman Deru.

 

Menurut Herman Deru gerakan tumbuh kembang bayi ini sangat penting, hal tersebut sebagai deteksi awal terhadap anak-anak khususnya di bawah umur 2 tahun untuk memonitor  tumbuh kembang anak agar tidak stunting.

“Saya apresiasi acara ini dilakuakn antara kerjasama Dinkes dan TP PKK Sumsel.  Putra-putri kita ini  mempunyai hak yang sama,” ungkapnya.

Kemudian lanjut Herman Deru tanggungjawab lainnya adalah memberikan  pendidikan yang baik selain memberikan asupan makananya yang bergizi.

 

“Kita  tidak boleh lengah hal ini berkat kebaikan ibu-ibu semua. Penurunan angka stunting 6,2 persen  di Sumsel merupakan prestasi kita bersama,  dan belum pernah dicapai sebelumnya oleh   Sumsel,” tambahnya.

Herman Deru menilai penurunan angka stunting ini tidak lepas upaya dari peran ibu-ibu dan aktivasi Posyandu.  Oleh sebab itu daribya  sejak menjabat Gubernur berinisiatif membagikan timbangan ke Posyandu.

“Kenapa saya lakukan hal ini untuk mengaktivasikan Posyandu kita, kemudian akurasi tinggi dan berat badan. Saya apresiasi Posyandu dan ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas upaya penurunan stunting ini,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Trisetiwan mengatakan Launching Gerakan Pamantauan Tumbuh Kembang Bayi/Balita Secara Serentak Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2023 bertujuan untuk meningkatkan komitmen bersama lintas sektor dalam bertujuan pembinanan dan pelayanan di Posyandu.

“Kita memberikan apresiasi kalangan  orang tua bayi dan balita yang telah melakukan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan bayi serta memberikan penghargaan kepada bayi/balita sehat tingkat kabupaten/ kota se Sumsel,” tandasnya.

Pada kesempatan ini Ketua TP PKK, Hj Febi Deru memberika hadiah pemenang lomba balita Indonesia Tingkat Provinsi Sumsel kategori 6 sampai 24 bulan dan Kategori 2 sampai 5 tahun.

Kemudian dilanjutkan Launching Gerakan Pamantauan Tumbuh Kembang Bayi/Balita Secara Serentak Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2023 ditandai dengan Touchsreen LED.

LAINNYA