Gambar_Langit Gambar_Langit

HD Motivasi Para Pemuda Untuk Mempersiapkan Diri Dengan Iptek dan Imtaq 

waktu baca 3 menit
Jumat, 16 Jun 2023 21:11 0 161 Redaktur Romadon

 

OGAN ILIR, Pelita Sumsel – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel)  H Herman Deru mengharapkan para peserta Jambore Pemuda lebih peduli dengan kelestarian kebudayaan lokal yang ada di Provinsi Sumatera Selatan.

 

“Saya bangga dengan  digelarnya  jambore pemuda yang berisikan kompetisi  budaya lokal dengan  melibatkan  kalangan pemuda.  Ini tentu menjadi benteng di tengah derasnya arus budaya luar . Jangan sampai nanti produk warisan leluhur kita kita diklaim orang lain, dan ini tugas kita semua melestarikannya,” harap Gubernur Herman Deru saat  membuka  Jambore Pemuda Daerah Provinsi Sumatera Selatan, yang dipusatkan Tanjung Senai,  Komplek Perkantoran Kabupaten Ogan Ilir, Jumat (16/6).

Lebih jauh Herman Deru menegaskan, dalam mempersiapkan  bonus demografi  dia  mengajak kalangan pemuda membekali ilmu yang dipersiapkan sedini mungkin.

“Dalam waktu dua dekade lagi para generasi milenial dan generasi Z akan menyambut bonus demografi.  Tentu kalian-kalian yang ada disini harus mempersiapkan diri dengan berbagai ilmu pengetahuan dan keahlian bidang iptek dan imtaq” tambahnya.

 

“Belajar tidak haya dari pendidikan formal saja. Tapi  banyak cara untuk mendapat ilmu dengan kecanggihan teknologi sekarang ini,” imbuhnya.

 

Terkait Jambore Pemuda kali ini, Gubernur Herman Deru mengingatkan  para peserta untuk menerapkan sikap profesional dan suportifitas yang tinggi.

“Untuk itu selamat menjalankan kegiatan jambore, selamat berkompetisi jangan lupa untuk tetap menjaga suportifitas dan bersikap profesional selama berkegiatan berlangsung,” imbuhnya.

Terkhusus  untuk  panitia lomba   Esport, Herman Deru  menyiapkan hadiah khusus yakni 1 unit sepeda motor untuk pemenangnya.

“Lomba esport di jambore kali ini, Saya siapkan  hadiahnya l 1 uni sepeda motor,” ucapnya.

Diakhir sambutannya Herman Deru juga mengapresiasi jajaran Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir yang telah bersedia menjadi tuan rumah Jambore Pemuda Provinsi  Sumsel tahun 2023.

Dia berharap keberagaman budaya Ogan Ilir semakin banyak dikenal dan dipromosikan oleh banyak masyarakat.

“Terimakasih kepada Bupati Ogan ilir, Bupati milenial kita yang telah mendukung dan memberikan partisipasinya dalam suksesnya acara ini. Semoga Ogan Ilir  semakin dikenal” tandasnya.

 

Sementara itu Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar  mengaku bangga lantaran Ogan Ilir sekian kalinya menjadi tuan rumah acara Provinsi.

“Alahmdulillah lagi-lagi Ogan Ilir dipercayai menjadi tuan rumahm,  Kami bangga  dan terimakasih atas kepercayaan yang telah  diberikan,” kata Panca.

Sebagai  rumah Jambore Pemuda tahun 2023, Panca  berharap  Ogan ilir kian dikenal.

“Kami selaku pemerintah dan masyarakat Ogan Ilir senang jika daerah kami banyak dikenal melalui berbagai kesenian, keragaman budaya, dan wisata,” tandasnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga  Sumsel , Rudi Irawan mengatakan kegiatan jambore tahun 2023  berlangsung dari tanggal  15 hingga 19 Juni 2023 dengan melibatkan para pemuda dengan rentang usia 16-23 tahun.

“Tujuan  jambore pemuda ini untuk mempererat silaturahmi  para pemuda  dsri 17  kabupaten/kota di Sumsel,  dengan berbagai perlomba diantaranya  pentas seni budaya, pameran, lomba puisi fan  lomba olahraga tradisional,” paparanya.

Selain lomba Jambore kali ini juga dilakukan  Focus Disscusion Group (FGD) dengan melibatkan sejumlah pemateri.

 

Usai membuka  Jambore Pemuda, Herman Deru berkesempatan meninjau   stand pameran yang diikuti 17  Kabupaten/kota yang ada di Sumsel.

LAINNYA