Gambar_Langit Gambar_Langit

Herman Deru Pesan Masjid Atqo Kumandangkan Adzan Dengan Merdu

waktu baca 2 menit
Jumat, 3 Jun 2022 22:54 0 97 Admin Pelita

PALEMBANG, Pelita Sumsel – Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru mengharapkan para pengurus masjid untuk dapat menunjuk para muazin yang memiliki suara merdu sehingga saat masuk waktu sholat lantunan azan yang dikumandangkan bukan saja terdengar secara merdu namun yang lebih penting mampu menggugah umat muslin untuk sesegera mungkin memenuhi panggilan azan guna melaksanakan sholat berjemah di masjid.

“Keberadaan menara masjid sangat penting untuk menyebar luaskan syiar Islam utamanya panggilan sholat melalui kumandang adzan. Namun nyaring saja tidak cukup, yang tak kalah pentingnya suara muazin juga harus merdu karena azan adalah tanda waktu masuk sholat sekaligus panggilan sholat berjemaah di masjid,” tegas Herman Deru saat menyampaikan sambutan disela-sela safari jumatnya di Masjid Atqo yang terletak di jalan Suka Mulya Lebong Siarang Palembang, Jumat (3/6).

Menurut Herman Deru proses pembangunan menara masjid Atqo yang masih dalam pengerjaan butuh perhatian dari semua jemaah. Sebab kumandang azan tidak akan terdengar secara maksimal tanpa ada menara. Untuk itu dirinya juga berkesempatan memberikan bantuan agar proses pembangun menara masjid tersebut segera dirampungkan.

“Saya lihat menara sudah dibangun, tapi masih ada yang belum selesai. Kumandang adzan merupakan bagian dari syiar karena itu perlu dibangunkan menara selain itu muazinnya juga haruslah dengan suara yang merdu dan enak didengar,” imbuhnya.

Dikesempatan ini Herman Deru juga kembali mengingatkan masyarakat untuk tidak kendor dalam menerapkan protokol kesehatan meski saat ini pandemi covid-19 sudah diturunkan menjadi endemi.

“Meski saat ini sudah menurun menjadi endemi tapi kita harus tetap menjaga prokes,” tambahnya.

Herman Deru mengaku bangga bisa sholat berjemah dengan warga sekitar. Selain bisa menjadi ajang silaturahmi, safari jumat juga menjadi media bagi dirinya melihat langsung kondisi dilapangan apa yang menjadi harapan masyarakat.

“Saya merasa bangga dan ada kenikmatan tersendiri bisa sholat di masjid ini. Selain bisa silaturahmi saya juga bisa melihat kondisi wilayah sekitar secara nyata dilapangan,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Masjid Atqo, Junaidi Dahlan menyampaikan mengucapkan terima kasihnya kepada Gubernur Herman Deru yang sudah menyempatkan sholat jumat berjamaah di Masjid Atqo.

“Saat ini Masjid Atqo masih membangun menara masjid dengan ketinggian 29 meter. Pembangunan sudah berjalan dua tahun secara bertahap dan mohon bantuan dari bapak Gubernur,” harapnya. (Don)

LAINNYA