Gambar_Langit Gambar_Langit

Harnojoyo Buka Job Fair 2023

waktu baca 3 menit
Rabu, 7 Jun 2023 22:21 0 196 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Wali Kota Palembang H.Harnojoyo dan Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda secara resmi membuka Job Fair 2023 dalam rangka perayaan HUT APEKSI ke-23 dan HUT Kota Palembang ke-1340 pada hari Rabu 7 Juni 2023. Acara tersebut diadakan di lantai 4 Palembang Trade Center (PTC) Mal Palembang.

 

Wali Kota Palembang H.Harnojoyo menjelaskan bahwa tujuan dari Job Fair 2023 ini adalah memberikan kesempatan kepada para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan. Sebanyak 45 stan perusahaan dengan total 1500 lowongan kerja (loker) telah disediakan dalam acara ini.

 

“Kegiatan ini (Job Fair 2023) diadakan dengan tujuan mengurangi tingkat pengangguran di Kota Palembang,” kata Harnojoyo.

 

Job Fair ini diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Palembang dan dihadiri langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan RI, Prof. Anwar Sanusi, serta perwakilan dari walikota dan bupati se-Indonesia.

 

Menurut Harnojoyo, kegiatan ini dapat menjadi peluang bagi pencari kerja, terutama generasi muda atau lulusan baru, untuk segera mendapatkan pekerjaan.

 

“Salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi adalah jumlah dan kualitas penduduk serta tingkat pengangguran,” jelasnya.

 

Dia menjelaskan bahwa pengangguran yang terjadi saat ini disebabkan oleh ketidakseimbangan antara persediaan dan kebutuhan tenaga kerja dalam hal kualitas dan jumlah yang dibutuhkan oleh pasar kerja. Hal ini menyebabkan kesenjangan dalam penempatan tenaga kerja.

 

“Job Fair ini dapat menjadi peluang bagi para pencari kerja untuk mendapatkan lowongan pekerjaan,” harap Harnojoyo.

 

Dengan adanya Job Fair ini, kurangnya informasi antara perusahaan pengguna dan pencari kerja dapat difasilitasi.

 

“Pameran Pasar Kerja atau Job Fair merupakan salah satu bentuk pelayanan yang paling nyata dalam memfasilitasi pertemuan antara pencari kerja dan pengguna tenaga kerja,” tegasnya.

 

Menteri Ketenagakerjaan yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan RI, Prof. Anwar Sanusi, menyatakan bahwa tingkat antusiasme pencari kerja dan penyedia pekerjaan sangat tinggi dalam acara ini.

 

“Saya yakin upaya yang telah dilakukan ini merupakan ikhtiar kita untuk mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan,” katanya.

 

Dia juga menyampaikan bahwa Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan menyediakan berbagai layanan ketenagakerjaan yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia, seperti pelatihan, lowongan pekerjaan, pemagangan, kelembagaan, dan sebagainya melalui SIAPKerja (Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan) yang dapat diakses di laman https://kemnaker.go.id.

 

“Untuk aplikasi Job Fair, juga tersedia layanan melalui domain https://jobfair.kemnaker.go.id yang dapat digunakan untuk melaksanakan job fair secara virtual seperti saat ini maupun secara konvensional di masa yang akan datang setelah Indonesia kembali normal.

 

Hal ini bertujuan agar data peserta atau perusahaan dan pencari kerja, serta penempatan tenaga kerja dapat terdokumentasi dan terlapor dengan baik dan mudah,” tutupnya.(Ril)

LAINNYA