Pemprov Sumsel Terima Dua Penghargaan Sekaligus dari ESQ 

waktu baca 3 menit
Rabu, 24 Mei 2023 21:12 0 11 Redaktur Romadon

 

Palembang, Pelita Sumsel – Pemprov Sumsel meraih dua penghargaan sekaligus dari ESQ. Pertama sebagai juara dua Pemprov dengan indeks implementasi “kompeten” dan kedua sebagai  lima besar pemprov dengan indeks implementasi “loyal”.

Penghargaan tersebut diserahkan Board of Expert ESQ Group Iman Herdimansyah secara langsung kepada Gubernur Sumsel H. Herman Deru pada acara Seminar Nasional  (Hardiknas) 2023 dengan tema “Era Digital, Guru Inovatif dan Berakhlak,”  Rabu (24/5) pagi di Griya Agung.

“Ini adalah  good news penting yang tidak kita sangka-sangka ternyata kita disurvei. Hal ini tentu bukan semata keberhasilan para pemimpin namun setiap jenjang jabatan yang menandakan bahwa adanya keinginan berubah untuk menjadi lebih baik. Untuk mentrasformasi semua ilmu yang didapat dalam lingkungan kerja dan regulasi yang ada dan diterapkan dalam kinerja,” jelasnya Herman Deru dengan bangga.

Pada kesempatan itu Ia juga menyampaikan terima kasih atas komitmen dan dukungan Koran Sumeks terhadap dunia pendidikan khususnya di Sumatera Selatan salah satunya dengan menyelenggarakan Seminar Guru dengan tema “Era Digital, Investasi Guru Inovatif dan Berkarakter.”

“Kita harapkan kegiatan ini dapat menjadi kontribusi positif dalam mewujudkan Sumsel Maju untuk Semua melalui Sumsel Cerdas,” tambahnya.

Lebih jauh saat menyampaikan sambutannya, Gubernur Herman Deru juga berpesan kepada jajaran insan pendidikan di lingkungan Pemprov untuk dapat mengiplementasikan hasil seminar ini di lapangan.

“Pesan Saya yang tak kalah penting adalah mari tanamkan ke anak didik kita dan jadikan mereka insan yang mau berkompetisi dan berani menghadapi persaingan. Hasil seminar ini minimal dapat ditularkan ke rekan kerja dan juga anak didik,” jelasnya saat membuka seminar.

Ia juga berharap para pendidik dapat meningkatkan kompetensi dan terus mengukir prestasi. Melalui kolaborasi mudah-mudahan dapat menambah semangat  untuk terus fokus tidak hanya dari sisi akademik tapi juga melalui non akademik.

Pengembangan minat bakat harus terus diupayakan karena melalui soft skill yang baik maka dapat menciptakan estetika di segala bidang.

Masih dalam kesempatan itu Gubernur Herman Deru mengatakan kompetensi merupakan komponen yang wajib dimiliki semua ASN dari semua jenjang jabatan baik jabatan struktural, jabatan adiministratur, maupun staf. Begitupun loyalitas, hendaknya tidak terpaku pada bawahan kepada atasan saja namun juga sebaliknya.

“Sebenarnya Pemprov tidak hanya semata mengejar status perangkingan. Namun Saya ajak semua ASN bekerja juga secara ikhlas. Karena ini pondasi penting apalagi pemerintah pusat sudah lama meluncurkan program ASN Berakhlak untuk percepatan transformasi ASN,” jelasnya.

Sementara itu Board of Expert ESQ Group Iman Herdimansyah mengatakan pondasi untuk membangun Indonesia maju adalah  dengan mewujudkan ASN Berakhlakyakni ASN yang Berorientasi Pelayanan Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif.

“Dari hasil survei berakhlak Sumsel mendapatkan dua penghargaan. Harapannya ASN Sumsel dapat menjadi role model bagi masyarakat menuju Indonesia Emas,” jelasnya.

Menurut Iman pihaknya juga berharap survei ASN Berakhlak ini tidak hanya sebatas dilaunching namun hendaknya dapat segera diinternalsiasikan ke kalangan ASN di Sumsel.

LAINNYA