Gambar_Langit Gambar_Langit

Lembaga Adat OKU Timur Perkuat Kepengurusan Pemangku Adat Tingkat Kecamatan

waktu baca 2 menit
Rabu, 28 Sep 2022 17:32 0 196 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Pengurus Lembaga Pembina Adat Kabupaten OKU Timur melakukan Konsolidasi atau Kunjungan ke kepengurusan pemangku adat tingkat Kecamatan di Kabupaten OKU Timur.

Konsolidasi ini untuk memperkuat struktur kepengurusan pemangku adat tingkat Kecamatan dengan melengkapi administrasi susunan struktur disetiap kecamatan masing-masing.

Ketua Lembaga Pembina Adat OKU Timur H. Leo Budi Rachmadi, SE melalui Wakil Ketua Lembaga Abdullah Aguscik mengatakan, ada beberapa kecamatan yang memang perlu dilengkapi seperti dalam kepengurusan Sekretaris, Bendahara dan Bidang-bidangnya. Setelah pengurus pemangku Kecamatan semuanya lengkap administrasinya, kedepan pemangku Kecamatan ini diharapkan pula melengkapi administrasi pemangku adat di Desa.

“Upaya ini selain untuk menguatkan struktur kepengurusan dengan kelengkapan administrasi juga untuk meningkatkan pelestarian adat budaya di OKU Timur,” ujarnya. Rabu (28/09).

Abdullah menerangkan, dari hasil turun ke Kecamatan-Kecamatan ini, seperti di Kecamatan Cempaka dan Semendawai Barat kita melihat pemangku adatnya semakin aktif. Mereka hadir ditengah masyarakat melestarikan adat budaya seperti dalam Prosesi pernikahan pemberian gelaran atau Adok, pemberian pesan-pesan melalui warahan, hiring-hiring, tari sabai serta tata cara bertutur sapa dalam bermasyarakat.

“Adat budaya yang ada ini sangat perlu dilestarikan, ini identitas dan jati diri kita. Kita akan dikenal oleh masyarakat luar jika adat budaya kita jaga. Lembaga Pembina Adat OKU Timur akan terus berupaya melestarikan adat budaya yang ada di OKU Timur. Seperti adat jawa, sunda, Padang dan yang lainnya,” ujarnya. (*)

LAINNYA