DPD LPM Sumsel Gelar Musda Pertama, H. Leo Budi Rachmadi Ditetapkan Jadi Ketua LPM Sumsel Masa Bhakti 2022-2027

waktu baca 2 menit
Minggu, 11 Sep 2022 13:11 0 135 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Provinsi Sumsel menggelar Musda pertama di Provinsi Sumatera Selatan. Minggu (11/09) di Ruang Bina Praja Kantor Gubernur Sumsel.

Adapun peserta Musda Berjumlah 34 Peserta yang terdiri dari Perwakilan 17 Kabupaten / kota dan peninjau. Serta dihadiri oleh perwakilan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LPM sekaligus Koordinator pemegang mandat Pembentukan DPD LPM Sumsel R. Zulfikor Mubaroq. Pengarah Musda dan Pelantikan H. Leo Budi Rachmadi, SE.

Seperti diketahui bersama, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) merupakan salah satu lembaga kemasyaratan yang berada di Desa. LPM sendiri mempunyai tugas menyusun rencana pembangunan secara partisipatif, menggerakkan swadaya gotong royong masyarakat, melaksanakan dan mengendalikan pembangunan.

Sebelum di sebut Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, dahulu disebut Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD). Tujuan utama di bentuknya lembaga ini adalah untuk meningkatkan prakarsa dan swadaya masyarakat dalam menjalankan program pembangunan secara partisipatif.

Dalam hal ini partisipasi masyarakat yang dikembangkan melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat ini mencakup aktivitas dalam merencanakan dan mengawasi pelaksanaan pembangunan di tingkat kelurahan.

Ketua Pelaksana Musda LPM Sumsel Ramdoni, S.IP mengatakan, kurang lebih dua bulan ini pihaknya telah menyiapkan administrasi agar terlaksana Musda LPM hari ini. Kami ucapkan selamat datang sekaligus terima kasih atas kehadiran para perwakilan Musda.

“Semoga ketua Terpilih DPD LPM Sumsel kedepan dapat memajukan peran LPM di Sumsel begitupun kawan-kawan dari perwakilan Kabupaten/Kota memajukan LPM di Wilayah rekan-rekan masing-masing,” ujarnya.

Sementara Mewakili Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LPM sekaligus Koordinator pemegang mandat Pembentukan DPD LPM Sumsel R. Zulfikor Mubaroq mengatakan, LPM ini merupakan Lembaga yang sudah lama berjalan dengan baik. LPM Dibawah Pimpinan H. Ahmad Doli Kurnia sudah banyak melakukan Reorganisasi tingkat Provinsi hingga Kabupaten Kota. Sudah 28 wilayah yang sudah melakukan Musda.

“LPM ini terstruktur hingga Desa, kalau dulu itu LPMD kemudian bertranformasi menjadi LKM,” ujarnya.

Tekad kita lanjutnya, agar bersama-sama membesarkan LPM ini. Sejauh ini kita di telah di suport oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) LPM pun sejajar. Dikatakan Zulfikor, dengan telah dilaksanakannya Musda LPM ini kedepan dapat berjalan dengan baik menjadi contoh bagi LPM wilayah lain. Untuk itu perlu koordinasi yang baik dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Kota.

“Musda ini kita lakukan dengan Guyub Mufakat. Agar terbentuk LPM Sumsel yang baik mampu memaju LPM dan ikut berperan dalam kemajuan Daerah masing-masing,” imbuhnya.

Setelah dilakukan Sidang Musda, pembacaan tata tertib, Sidangpun akhirnya mengangkat dan menetapkan H. Leo Budi Rachmadi, SE sebagai Ketua DPD LPM Sumsel masa Bhakti 2022-2027. (fah)

LAINNYA