Home / NEWS / EKONOMI / Bupati Enos Bantu Buka Akses Jalan Baru Menuju Desa Wisata Pulau Pasir Peracak Jaya
Bupati Lanosin bersama Kepala OPD, Warga dan Perangkat Desa Peracak Jaya mengunjungi bantaran sungai Komering di Desa setempat

Bupati Enos Bantu Buka Akses Jalan Baru Menuju Desa Wisata Pulau Pasir Peracak Jaya

OKU Timur, Pelita Sumsel – Seperti biasanya Bupati OKU Timur H. Lanosin, ST saat mengunjungi warganya Bupati muda ini sering menggunakan kendaraan roda motor trail, kali ini Bupati didampingi Kepala Dinas PUTR Aldi Gurlanda, ST meninjau sejumlah akses jalan diantaranya menuju Desa Peracak Jaya Kecamatan Jayapura. Jum’at (05/08).

Peninjauan ini menindaklanjuti terhadap usulan masyarakat setempat agar dibuatkan akses jalan disejumlah lokasi, diantaranya menuju sungai Komering yang dinilai memiliki potensi jadi objek wisata baik lokal maupun dari luar Daerah.

Sebab selama ini banyak masyarakat mengunjungi lalu memposting keindahan lokasi sungai Komering, kondisi air jernih serta dihias bebatuan halus serta pulau pasir.

Usai meninjau lokasi Bupati OKU Timur yang juga didampingi Kadin Perkim Danan Rahmat dan Kepala BPKAD OKU Timur Agustian Pahrimale menyebutkan, awalnya masyarakat Desa Peracak Jaya ini bertemu dengan saya dirumah Dinas untuk minta didatangi desa mereka, dengan menyampaikan usulan minta jalan Desa Peracak Jaya itu bisa ditembuskan ke Desa Tumi. Usulan ini salah satunya bertujuan untuk mendorong mempermudah akses menuju Desa Wisata di Desa Mereka.

“Desa Wisata itu tidak serta merta kita tunjuk, tapi harus ada embrio dari masyarakat. Di Desa Peracak Jaya ini ada potensi wisata seperti ada pulau pasir. Setelah kita tinjau tadi perkiraan 1 kilo meter jalan yang perlu dibangun dari Desa Peracak Jaya menuju Desa Tumi Jaya. Senin ini Insya allah kita mulai pembuatan badan jalan terlebih dahulu,” kata Bupati.

Tidak hanya itu, Bupati beserta rombongan ini juga menyisir lokasi untuk meneliti membuat feasibility study (FS) studi bagaimana dapat mengurangi kemacetan yang sering terjadi di Kecamatan Martapura. Maka harus mempersiapkan jembatan satu lagi atau jembatan Komering dua.

“Masuknya dari Pabrik Jarak Desa Kota Baru Selatan Kecamatan Martapura menuju Desa Peracak Jaya Kecamatan Jayapura. Disini lokasi yang kita rencanakan untuk pembangunan jembatan Komering 2 menyeberang sungai Komering menuju ke Kecamatan Bunga Mayang,” kata Bupati.

Sementara Kepala Dinas PUTR Aldi Gurlanda, ST mengatakan, Sesuai arahan pak Bupati tadi akan dibuka akses jalan baru dari desa Peracak Jaya menuju Desa Tumi Jaya karena di Desa Peracak Jaya ini ada potensi destinasi wisata ada pulau pasir dan koral yang bisa disamakan seperti daerah Bali seperti baywood

“Sesuai harapan masyarakat tadi dalam beberapa hari kedepan grader PUTR untuk Pembentukan jalan sudah mulai dilakukan. Untuk jembatan Komering itu setelah FS maka nanti kita akan membuat DED semoga ini bisa terwujud sesuai harapan Pak Bupati dapat membantu mengurai Kemacetan yang biasa terjadi beberapa wilayah di Kecamatan Martapura,” terang Aldi.

Sementara Kepala Desa Peracak Jaya Ali Muhidin menyebutkan, destinasi wisata Pasir dibantaran sungai Komering yang ada di Desanya ditambah dengan pemandangan yang indah tidak kalah dengan pesisir pantai utara. “Terimakasih kunjungan Pak Bupati, semoga membawa berkah bagi masyarakat dan Desa,” ujarnya. (fah)

Bagikan Ini Di :