Gambar_Langit Gambar_Langit

Beredar Akun Facebook Palsu Bupati OKU Timur, Kominfo Himbau Jangan Mudah Percaya

waktu baca 3 menit
Sabtu, 5 Feb 2022 11:11 0 136 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Beredar tangkapan layar sebuah percakapan di Aplikasi Facebook Messenger, dari akun yang mengatasnamakan Bupati OKU Timur H Lanosin ST. Akun tersebut tampak mengirim direct message dengan dalih meminta nomor whatshap untuk dimasukkan dalam grup pertemanan.

Menanggapi hal itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Timur Arfan Hermawan menegaskan, akun tersebut akun palsu bukan akun Facebook resmi Bupati OKU Timur. Arfan menghimbau kepada seluruh masyarakat maupun kepala OPD agar tidak mudah mudah percaya untuk merespon balik akun palsu ini.

Seperti merespon permintaan melalui Email atau pesan di Handphone.

“Ini bukan kali pertama akun Facebook mengatasnamakan pak Bupati, sebelumnya ada juga Lanosin78. Dari percakapan yang kita lihat pada Akun Facebook palsu ini belum ada mengarah pada pidana, namun tentu kita khawatir kedepannya,” kata Arfan. Sabtu (05/01).

Terkait akun Facebook palsu pak Bupati lanjutnya, sudah dilaporkan ke pihak Facebook dibantu dari kawan-kawan OPD, dan balasan dari Facebook akun tersebut belum bersifat menyalahi. Di era industri For Point O seperti sekarang ini lanjut Arfan, semua memang bisa bebas bermain media sosial termasuk membuat akun facebook yang mengatasnamakan dengan orang yang sama.

“Memang terkadang figur terkenal, tokoh atau pejabat publik itu banyak sekali akun tiruannya. Kita lihat saja banyak akun Facebook yang memasang foto dan nama presiden Pak Jokowi. Artinya selagi itu belum merugikan atau masuk ranah pidana maka pihak Facebook juga menerima,” ujarnya.

Menurut Arfan biasanya ada Oknum yang memanfaatkan akun Facebook tersebut untuk membuat iklan atau promosi kegiatan yang ada di facebook, sebab dengan mendompleng atau menggunakan akun-akun pejabat publik masyarakat biasanya mudah terpancing mengikuti akun tersebut.

“kita sudah melaporkan akun tersebut ke grouf anti hoaks, kepada Masyarakat agar bijak bermedia sosial. Gunakan cek ricek dan klasifikasi jika menemukan akun-akun yang dicurigai,” ujarnya.

Tips agar mengetahui Akun Facebook Palsu. 
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Arfan Hermawan mengatakan, untuk memastikan apakah akun Facebook tersebut palsu atau asli, diantaranya dengan melihat keaslian Profil Akun tersebut dengan teliti, periksa keaslian foto profil data identitas, lihat catatan historis

Selanjutnya agar pertahanan akun Facebook kuat tidak mudah dibajak atau diretas disarankan Pasword Akun Facebook dan Pasword Email yang digunakan diganti secara berkala, paling tidak dua minggu atau satu bulan sekali. Tidak menggunakan kata sandi yang mudah di tebak, seperti sandi tanggal lahir, tanggal pernikahan. Jangan lupa logout jika menggunakan perangkat publik, Serta jangan mudah-mudahan menerima atau merespon malware yang tidak dikenali di handphone, sebab hal itu dapat membahayakan yang menyebabkan hacker mudah meretas isi handphone.

Tips Bermedia Sosial Agar Terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
Baru-baru ini banyak akun-akun atau nomor whatshap yang mengatasnamakan pejabat di Pemkab OKU Timur, seperti Kepala BKPSDM OKU Timur Sutikman, baru-baru ini Kepala BPKAD Agustian Pahrimale. Masyarakat dihimbau agar mengutamakan cek dan ricek atau klasifikasi jika mendapat pesan atau informasi dari nomor baru yang mengatas namakan pejabat.

“Ketika sedang bepergian agar tidak mudah-mudah mengekspos kegiatan diluar, sebab ini dikhawatirkan akan dimanfaatkan oleh oknum yang tidak berkepentingan. Artinya masyarakat harus bijak dalam Bermedia sosial,” pungas Arfan. (fah)

LAINNYA