Gambar_Langit Gambar_Langit

Disdik OKU Gelar Bimtek pengembangan PAUD Holistik Integratif

waktu baca 2 menit
Senin, 13 Sep 2021 21:14 0 94 Admin Pelita

OKU, Pelita Sumsel – Dinas Pendidikan (disdik) Kabupaten OKU menggelar Bimbingan Teknis (bimtek) pengembangan PAUD Holistik Integratif di ballroom hotel the zuri Baturaja, Senin (13/9).

Kegiatan yang digelar selama 3 hari mulai dari tanggal 13 s/d 15 september 2021ini sebagai bentuk upaya mewujudkan pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi. Untuk mewujudkan upaya tersebut dibutuhkan komitmen seluruh unsur terkait yaitu orangtua, keluarga, masyarakat dan pemerintah.

“Tujuan kegiatan ini nantinya bagaimana seluruh PAUD yang ada di OKU ini dapat memberikan pelayanan menyeluruh kepada anak-anak yang meliputi, bukan hanya pendidikan tapi juga kesehatan, perlindungan dan pengasuhan secara bersamaan, Sehingga nantinya paud – paud di OKU ini dapat memberikan layanan maksimal kepada anak – anak usia dini” kata kadisdik OKU H. Teddy Meilwansyah S.STP MM MPd saat dibincangi awak media usai membuka kegiatan itu.

Teddy juga meminta kepada para peserta yang terdiri dari guru dan kepala sekolah PAUD di OKU untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. “Ya kita minta agar peserta mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga nanti pembelajaran yang telah didapan dalam bimtek ini benar-benar bisa diterapkan,” harapnya.

Sementara itu Kabid Pembinaan PAUD dan PNF yang juga ketua pelaksana kegiatan Ahmad Azhar S.STP MM mengatakan kegiatan ini diikuti 100 orang yang berasal dari 100 lembaga yang tersebar di 13 kecamatan pada kabupaten ogan komering ulu serta melibatkan 10 orang fasilitator yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan untuk menjadi narasumber bimtek ini.

“Kegiatan bimtek PAUD HI ini bertujuan untuk memfasilitasi implementasi PAUD HI di daerah, memastikan keberlanjutan PAUD HI sebagai peluasan akses anak usia dini dan peningkatan kualitas layanan PAUD HI dan memastikan PAUD HI menjadi komitmen dari semua pemangku kepentingan pembangunan yang terkait agar anak usia dini dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia,” kata pria yang akrab disapa Alal ini.

Menurut Alal, Setelah mengikuti bimtek ini peserta diharapkan dapat melakukan koordinasi antar lembaga penyelenggara pelayanan anak usia dini dan melaksanaan program pengembangan anak usia dini holistik integratif dengan mengikutsertakan organisasi mitra, orang tua dan masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan itu, direktur pendidikan anak usia dini kemendikbud ristek RI  DR. Muhammad Hasbi dan kepala BP PAUD dan Dikmas prov. sumsel bapak DR. Sugiyanto, S.ip. (AND)

LAINNYA