Gambar_Langit Gambar_Langit

Pemkot Segera Normalisasi Sungai Sekanak

waktu baca 2 menit
Jumat, 25 Jun 2021 17:10 0 150 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Upaya Pemerintah kota Palembang dalam mengentaskan permasalahan banjir hingga saat ini masih terus dilakukan, salah satunya dengan melakukan normalisasi sungai yang dinilai berperan penting dalam mengantisipasi banjir ketika tingginya debit air saat musim penghujan.

Dalam hal ini, Pemerintah kota Palembang akan segera melakukan normalisasi aliran Sungai Sekanak yang mengalir menuju kolam retensi Siti Khadijah.

Pasalnya, berdasarkan informasi yang diterima oleh Wakil Wali kota Palembang, Fitrianti Agustinda, aliran sungai sekanak yang berada di kawasan tersebut hingga saat ini belum pernah dilakukan normalisasi.

“Saat ini kita memantau, dimana ada kolam retensi dan di belakangnya itu ada sungai, berdasarkan informasi dari warga, aliran dari sungai ini memang belum pernah dilakukan normalisasi,” kata Fitri, Jumat (25/6).

“Normalisasi ini maksudnya akan dilakukan pengerukan aliran sungai sekanak ini dengan panjang 1,2 Kilometer, mulai dari titik ini hingga ke puncak sekuning,” tambahnya saat meninjau langsung lokasi.

Beruntungnya, dalam kunjungan tersebut, Fitri juga menerima langsung informasi dari pihak PUPR bahwa akan segera melakukan normalisasi sepanjang 1,2 Kilometer dengan dana lebih kurang 1 Miliyar.

“Alhamdulillah, kita telah mendengarkan dari pihak PU tadi bahwa tahun ini akan segera dikerjakan normalisasi sepanjang 1,2 Kilometer dengan dana lebih kurang 1 Miliyar,” ujarnya.

Ia juga menghimbau kepada warga serta Ketua RT dan RW untuk dapat melakukan peninjauan serta pengawasan dalam pelaksanaan nantinya.

“Supaya nanti kalau memang hujan dan sebagainya, kolam retensi ini memang bisa betul-betul menampung debit air yang cukup besar dan tidak mengakibatkan banjir, terutama pada saat nanti aliran ini harus dialirkan ke sungai sekanak dan tidak terjadi Sedimentasi yang mengganggu aliran air,” ucapnya.

Masih dikatakan Fitri, pihaknya juga telah berkoordinasi bersama pihak Rumah Sakit Siti Khadijah dan meminta untuk dapat ikut perduli terhadap lingkungan.

“Memang ada beberapa kawasan yang kami anggap harusnya jadi Sepadan Sungai, dan kami berharap nanti ada pemetaan lagi dimana saja wilayah Rumah Sakit Siti Khotidjah,” pungkas Wawako. (jea)

LAINNYA