Gambar_Langit Gambar_Langit

Terkait Vaksinasi, Dinkes Sumsel Tunggu Petunjuk dari Pusat

waktu baca 2 menit
Jumat, 18 Des 2020 00:21 0 92 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Pemerintah pusat telah mendatangkan sebanyak 1,2 juta dosis vaksin Covid-19. Rencananya, vaksin tersebut bakal didistribusikan ke seluruh wilayah di Indonesia setelah mendapat izin dari BPOM dan MUI.

Hanya saja, jumlah yang bakal didistribusikan masih belum menjangkau seluruh masyarakat Indonesia. Khususnya Sumsel. Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel sendiri telah mempersiapkan data sasaran vaksinasi sebanyak 5.675.259 warga.

Kepala Dinkes Sumsel, Dra. Lesty Nurainy, Apt. M.Kes, mengatakan, pihaknya hingga kini masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat mengenai pembagian vaksin di wilayahnya. “Kami masih menunggu teknisnya seperti apa,” ujar Lesty saat dibincangi awak media, Bebebapa hari yang lalu

Lesty mengatakan pada intinya, Pemprov Sumsel siap untuk memfasilitasi pendistribusian vaksin. Mulai dari sarana dan prasarana hingga SDM yang nantinya akan menyuntikkan vaksin tersebut. “Kami berharap masyarakat bisa bersabar,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), H. Ferry Yanuar, SKM.,M.Kes mengatakan, meski sudah tiba di tanah air, namun masih ada proses panjang yang harus dilalui sebelum nantinya didistribusikan. Hingga kini, pihaknya juga belum mendapat petunjuk dari pemerintah pusat. Baik dari sisi jumlah yang akan didapat serta siapa saja sasaran yang akan divaksinasi.

“Kalau arahannya, nantinya tenaga kesehatan dulu yang akan divaksin. Karena mereka memang yang paling rentan. Untuk masyarakat umum, kami juga masih belum dapat petunjukanya,” ungkapnya.

Ferry menuturkan, proses vaksinasi nantinya akan dilakukan di fasilitas kesehatan yang ada di Sumsel. Seperti rumah sakit dan puskesmas. “Yang pasti untuk fasilitas kesehatan kita sudah siap. Begitu juga tenaga kesehatan seperti dokter, perawat hingga bidan yang akan menyuntikkan vaksin juga sudah dipersiapkan. Tinggal arahannya saja dari pemerintah pusat mengenai pelaksanaannya,” pungkasnya.

Laporan : Firwanto M Isa

LAINNYA