Gambar_Langit Gambar_Langit

Pramuka Jadi Pelopor Perubahan Dimasa Pandemi

waktu baca 2 menit
Jumat, 18 Des 2020 00:47 0 114 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel  – Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Selatan harus mampu membawa perubahan di tengah pandemi covid 19. Harapan tersebut diungkapkan Gubernur Sumsel, H Herman Deru menghadiri pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Selatan 2020 yang digelar di Hotel The Zuri Palembang, Kamis (17/12/20).

Selain memberikan apresiasinya atas kegiatan Rakerda yang mengambil tema “Pramuka Pelopor Perubahan Prilaku Kebiasaan Baru Era Covid-19 tersebut, dia juga berpesan agar Pramuka tidak hanya bicara satu aspek saja, namun juga harus memperatikan aspek medis, ekonomi dan aspek sosial budaya.

“Paling tidak kita mengajak para anggota pramuka menjaga imunitas dengan baik. Sehingga kesehatan bisa berdampak pada sektor lainnya termasuk pemulihan ekonomi,” ucapnya.

Herman Deru yang juga Ketua Mejelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Sumsel ini menegaskan, Pramuka bukan hanya jadi pelopor kebiasaan baru namun lebih dari melalui Rakerda harus memberikan semangat kepramukaan. Semangat ini harus disebarkan hingga ke tingkat sekolah-sekolah.

“Peran Gerakan Pramuka dalam dua tahun terakhir terus meningkat, bahkan kita siap menjadi berbagai event tuan tumah tingkat nasional hingga internasional,” ucapnya.

Selain itu, Herman Deru berkeinginan pendataan anggota harus lebih baik lagi melalui berbagai program yang dijalankan, salah satunya program memberikan kartu identitas berbentuk kartu ATM yang juga bisa difungsikan sebagai bank data keanggotaan Pramuka di Sumsel.

“Identitas ini juga bisa menjadi bank data bagi semua anggota Pramuka di semua cabang di Kabupaten/kota di Sumsel,” ucapnya.

Ditambahkan Herman Deru, pemanfaatan bumi perkemahan menjadi pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan. Upaya ini dilakukan untuk menjadikan Bumi Perkemahan Pramuka Sumsel bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kepramukaan.

Dilain pihak Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka sekaligus Komandan Satgas Pramuka Peduli Covid-19, Bachtiar Utomo saat membacakan sambutan tertulis Komisaris Jenderal (Purn) Budi Waseso sebagai ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menyebut, Rakerda sebagai langkah untuk pengendalian operasional. Kerelawanan Pramuka harus menjadi garda terdepan, baik dalam memberikan bantuan, sosialisasi dan lain sebagainya.

“Pendampingan sangat diperlukan agar Pramuka dapat meningkatkan peran. Selamat Rapat Kerja Gerakan Pramuka Sumsel, semoga dapat menghasilkan manfaat bagi anggota Pramuka dan masyarakat Sumsel,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Korda Gerakan Pramuka Sumsel, H Mukti Sulaiman mengatakan, Pramuka telah banyak berbuat dimasa pandemi Covid-19.

“Kita secara daring Kwarda menyampaikan ke pelosok, kita sampaikan dan sosilisasi tentang 3 M. Anak-anak akan menyampaikan ke orang tua dan keluarganya,” terangnya.

Menurutnya, Rapat Kerja sebagai upaya melakukan evaluasi, sehingga pada 2021 bisa menggelar kembali berbagai kegiatan secara nasional maupun level internasional. (Yfr/Ril)

LAINNYA