Gambar_Langit Gambar_Langit

Rapat Pleno Tingkat Kabupaten Selesai hingga Tengah Malam

waktu baca 2 menit
Kamis, 17 Des 2020 11:16 0 166 Admin Pelita

OKU Selatan, Pelita Sumsel – Rapat pleno penghitungan surat suara tingkat Kabupaten,Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kabupaten OKU Selatan, Rabu (16/12) bertempat di Gedung serbaguna Agzamaratezha Muaradua,Kelurahan Batu Belang Jaya Kecamatan Muaradua, dimulai dari pagi baru selesai hingga larut malam sekitar pukul 24 WIB.

Ketua KPU Kabupaten OKU Selatan, Ade Putera Martabaya SH yang dikonfirmasi Pelita Sumsel, Kamis (17/12) via Telpon membenarkan bahwa rapat pleno tingkat Kabupaten penghitungan surat suara Pilkada tahun 2020 selesai sekitar pukul 24 WIB tengah malam tadi,ujarnya.

Disampaikan Jejen, sapaan akrabnya bahwa untuk tahapan selanjutnya yang akan dilaksanakan oleh pihak KPU adalah setelah pleno tingkat kabupaten yaitu penetapan pasangan calon (paslon) terpilih namun masih harus menunggu keluarnya surat resmi dari Mahkamah Konstitusi (MK) terkait perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU).

“Setelah hasil pleno tingkat kabupaten di dapatkan dan selesai,ada diberikan waktu selama tiga hari bagi pihak yang mungkin merasa keberatan atas hasil Pilkada dan mengajukan keberatannya ke MK.

“Nanti kita lihat melalui surat dari MK apakah termasuk di Kabupaten OKU Selatan ada pihak yang mengajukan keberatan ,jika tidak ada, dan surat dari MK keluar maka pihak KPU akan mengambil langkah selanjutnya yaitu penetapan bagi paslon terpilih,” jelasnya.

Dirinya belum bisa memastikan kapan surat dari MK keluar.

“Surat dari MK tersebut keluar Bisa saja cepat atau lambat,” tuturnya.

Disinggung tentang paslon yang unggul sesuai dari hasil dari rapat pleno yang dilaksanakan, menurut Jejen paslon Popo Ali dan Soelehin (PAS) yang unggul dan berhasil memenangi Pilkada Kabupaten OKU Selatan tahun 2020.

“Paslon PAS memperoleh suara sebesar 96,16 %, dengan partisipasi masyarakat pemilih dalam pilkada Kabupaten OKU Selatan tertinggi di Sumsel,” pungkasnya. (DK)

LAINNYA